Serba serbi

Borobudur Bakal Dipoles Jadi ‘Bali Baru’ Jateng

Wisata & Kuliner

13 Oktober 2018 05:12 WIB

Candi Borobudur (dok. Buddhazine.com)

MAGELANG, solotrust.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah gencar melakukan pembenahan obejk-objek wisata. Salah satunya Candi Borobudur, yang mana ke depannya akan makin dipoles untuk menjadi ‘Bali Baru’ di Jateng.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, objek wisata di Magelang itu akan dipoles lebih menarik agar bisa menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



“Saat ini sudah banyak event yang diperhitungkan di Borobudur, seperti Borobudur Marathon yang sudah berkelas internasional, Tour de Borobudur dan kegiatan lainnya," paparnya saat memberikan penghargaan Abiwara Pariwisata Jateng 2018 di The Wujil Resort and Conventions Kabupaten Semarang, Kamis (11/10/2018).

"Borobudur memang sedang kami tata agar menjadi Bali baru di Jateng, selain lokasi lain seperti Karimunjawa, Sangiran, Dieng dan sebagainya,” sambungnya.

Tidak hanya di Borobudur, beberapa objek wisata lain di Jateng juga tengah ditata agar lebih menarik layaknya Bali. Kendati begitu, tak berarti semua yang ada di Bali ditiru untuk diterapkan.

“Saat saya dilantik, Pak Presiden Jokowi meminta ada Bali-Bali baru di seluruh daerah di Indonesia. Bukan memindahkan Bali ke daerah lain, namun membuat sejumlah destinasi wisata seramai dan sebagus Bali,” urainya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Urip Sihabuddin menerangkan, tingkat kunjungan wisatawan ke Jateng terus mengalami tren peningkatan. Pada 2017 lalu, jumlah wisatawan bahkan melebihi target, yakni mencapai 36,8 juta wisatawan lokal dan 781 ribu wisatawan mancanegara.

(way)