Hard News

Wabup Boyolali Buka Gelar Budaya di Desa Temon

Jateng & DIY

11 Oktober 2018 19:04 WIB

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat.

BOYOLALI, solotrust.com– Usai menghadiri peletakan batu pertama masjid Al Muttaqin di Desa Temon, Kecamatan Simo, Boyolali pada Sabtu (5/10/2018), Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat dilanjutkan membuka gelar budaya di Desa setempat. Ribuan warga berbondong-bondong hadir menyaksikan petunjukan wayang kulit yang akan dibawakan dalang muda Ki Bayu Aji Pamungkas yang akaan membawakan lakon Semar Mbangun Khayangan.

Pagelaran wayang ini menurut Wabup Said merupakan salah satu perwujudan pembangunan dari sisi seni dan budaya. Sekaligus semangat menjaga nilai-nilai tradisi, juga semangat menjaga persatuan, semangat belajar baik dari ilmu keagamaan atau ilmu lainnya.



“Ini adalah satu kekuatan ketika semangat membangun seiring sejalan, antara kekuatan religius harus dipertahankan sekaligus menjaga kearifan lokal menjaga seni dan budaya akan menghadirkan keseimbangan,” terang Said.

Pagelaran wayang kulit ini dapat diartikan sebagai upaya melestarikan nilai tradisi yang wajib ditularkan ke generasi berikut.

“Kita sadar kita adalah bagian generasi yang sekarang, maka menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama kita hadirkan generasi yang akan datang dengan berilmu pengetahuan yang tinggi tanpa meninggalkan nilai tradisi. Itulah semangat membangun Boyolali,” tandasnya.

(wd)