Serba serbi

BTS Jadi Grup K-POP Pertama yang Menang dalam American Music Awards (AMAs)

Musik & Film

10 Oktober 2018 18:03 WIB

BTS menyampaikan terimakasih untuk kemenangan mereka di American Music Awards kategori “Favorite Social Artist” (Dok. American Music Awards (AMAs)

Solotrust.com – BTS kembali mendapatkan penghargaan dari ajang penghargaan musik dunia. Kali ini dari American Music Awards (AMAs) tahun 2018. Diselenggarakan Microsoft Theater di Los Angeles, Selasa (9/10/2018), BTS berhasil menjadi pemenang untuk kategori “Favorite Social Artist”.

Dalam kategori tersebut, BTS menang dari 4 nominator lain yakni Cardi B, Ariana Grande, Demi Lovato dan Shawn Mendes.



Ini adalah kali pertama BTS masuk nominasi sekaligus menang dalam AMAs. Namun, tahun lalu BTS pernah tampil dalam AMAs, yang merupakan debut mereka di televisi Amerika. BTS juga merupakan grup K-POP pertama yang pernah tampil ajang tersebut. Kala itu, BTS tampil membawakan hits “DNA” yang kemudian juga berhasil menjadi lagu pertama mereka yang masuk dalam Billboard Hot 100 dan bertahan selama 4 minggu di sana.

BTS saat ini tengah menjalani tur dunianya di Eropa, sehingga tidak bisa menerima penghargaan tersebut secara langsung. Melalui sebuah videp pre-recorded yang dibagikan pihak penyelenggara selama red carpet show, BTS mengucapkan terimakasihnya atas penghargaan ini.

“Hallo, kami BTS. Terimakasih banyak, kami sangat senang bisa memenangkan Favourite Social Artist Award! Kami minta maaf karena tidak dapat hadir. Kami sedang ada di London memulai tur Eropa kami. Kami baru saja menyelesaikan tur di Amerika dan kami mendapatkan dukungan dan cinta di sana. Terimakasih banyak ARMY karena telah memilih kami untuk penghargaan yang spesial ini. Terimakasih AMAs!,” kata BTS.

Dengan ini, BTS berarti menjadi grup K-POP pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di AMAs. Dalam sejarah K-POP, PSY yang merupakan solois pria adalah satu-satunya artis lain yang pernah meraih penghargaan dalam AMAs, yakni untuk kategori “New Media Award” melalui hits “Gangnam Style” tahun 2012 silam.

Grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan JungKook ini memang memiliki engagement yang sangat kuat dengan fans via media sosial terutama Twitter. Hingga saat ini, BTS adalah pemilik akun Twitter dengan followers terbanyak di Korea dengan 16,7 juta. Mereka juga berhasil dua kali masuk Guinness Book of Records karena engagementnya yang begitu besar dengan para penggemar global via Twitter.

Untuk penghargaan yang berkaitan dengan media sosial sendiri, BTS sebelumnya pernah memenangkan Billboard Music Awards (BBMAs) dua tahun berturut-turut yakni tahun 2017 dan 2018, yakni dalam kategori “Top Social Artist”. BTS berhasil menang dari sederet artis lain seperti Justin Bieber, Ariana Grande dan Shawn Mendes. (Lin)

(wd)