Hard News

Umbul Pelem Bakal Jadi Tujuan Wisatawan. Ini yang akan Dikembangkan Kades Wunut

Jateng & DIY

21 Oktober 2017 12:12 WIB

Tempat ini yang akan dikembangkan menjadi wisata air, oleh kepala desa Wunut Iwan Sulistiyo Setiawan.. (solotrust.com/joko)

KLATEN, solotrust.com- Tidak lama lagi, pemerintah desa Wunut, kecamatan Tulung, Klaten bakal memiliki wisata air. Pasalnya,dengan pengembangan desa wisata penghasilan asli daerah (PAD) akan terdongkrak. Di mana desa Wunut tersebut memiliki dua umbul, yakni umbul Pelem dan umbul Gede.

Dengan luas 7.000 meter persegi, umbul Pelem tersebut akan dianggarakan dari Dana Desa (DD) 2017. "Sebenarnya dana yang kami butuhkan sebanyak Rp2 miliar. Namun saat ini baru ada sekitar Rp500 juta masih kurang banyak kurangnya," kata Kepala Desa Wunut, Iwan Sulistiyo Setiawan saat ditemui di umbul Pelem, Jumat(20/10/2017) siang.



Adanya potensi air tersebut, kata dia pertama adalah melakukan penataan kawasan konservasi air dan ruang terbuka hijau. Kedua, membuat icon pembangunan desa dan mengembangkan potensi desa berbasis ico village, kemudian  peningkatan PAD dan BUMdes desa sebagai leading sektor ekonomi desa.

"Bersama para perangkat kami akan memfokuskan potensi desa Wunut menjadi wisata air. Sebab, selain tempatnya strategis selama ini juga sudah banyak wisata mengunjungi tempat itu. Jadi kami tinggal memperbaiki agar lebih menarik," katanya.

Disinggung terkait banyaknya tempat wisata di wilayah sekitar Wunut, seperti wisata Janti, Cokro dan Ponggok, ia menjelaskan, wisata umbul Pelem akan berbeda dengan yang lainnya. Sebab, umbul Pelem dilengkapi dengan gardu pandang, mini zoo, arena permainan tradisional, joging line, arena permainan air (keceh -red), rafting, pelabuhan perahu dan arena tangkap ikan.

"Tempat itu juga akan ada gasebo, arena kuliner, jembatan gantung. Kalau soal parkir nanti kami akan bekerjasama dengan warga sekitar wisata. Kalau soal anggaran memang masih kurang banyak, ya saya berharap pemerintah provinsi maupun pemerintah Klaten memberikan bantuan untuk pengebangan wisata umbul Pelem ini," ujarnya.

Dia berharap,dengan adanya wisata Wunut tentunya bisa meningkatkan PAD dan menyejahterakan masyarakat Wunut. "Rencana kedepan setelah umbul Pelem kami juga sudah merencanakan pengembangan umbul Gede," terang dia.

Sementara itu, Camat Tulung Rahmad Sugiarto mengatakan, wilayah Kecamatan Tulung banyak desa yang mempunyai potensi air sehingga bisa dikembangkan menjadi desa wisata. Dengan mengembangkan desa wisata tentunya akan menambah PAD desa-nya masing-masing.

”Kita harus melihat desa yang sudah maju seperti desa Ponggok. Nah di wilayah tulung ini juga sangat potensi sekali, karena banyak desa yang mempunyai sumber mata air yang bisa ditingkatkan menjadi wisata air menjadi desa wisata itu,” katanya saat dihubungi solotrust.com, Sabtu(21/10/2017).

 

(joko-Wd)

(Redaksi Solotrust)

Berita Terkait

Berita Lainnya