Serba serbi

Resmi, Ini Sanksi Komdis PSSI ke Persib Bandung

Olahraga

02 Oktober 2018 13:26 WIB

Komite Disiplin PSSI (Dok PSSI)

JAKARTA, solotrust.com – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI resmi menjatuhkan hukuman kepada Persib Bandung atas insiden meninggalnya suporter Persija Jakarta. Persib harus menjalani laga kandang usiran di Pulau Kalimantan.

Dari hasil sidang Komdis per tanggal 1 Oktober 2018, telah disimpulkan ada beberapa pelanggaran kode disiplin yang dilakukan Persib.



Melalui keterangan tertulis PSSI yang diunggah di laman resminya pada Selasa (2/10/2018), beberapa pelanggaran yang dimaksud yakni suporter Persib melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM (pertemuan teknis), melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas sebelum pertandingan.

Komdis juga menilai, panitia penyelenggara pertandingan gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton. Secara resmi, Persib dijatuhi hukuman berupa usiran laga home ke luar Pulau Jawa tanpa penonton.

"Terkait dengan pelanggaran ini, Komite Disiplin memutuskan memberikan hukuman kepada klub Persib Bandung berupa sanksi pertandingan home di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019," tulis dalam keterangan resmi PSSI.

Untuk suporter dan penonton, Komdis juga memberikan sanksi berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.

Sementara untuk panitia penyelenggara pertandingan, Komdis menghukum ketua panitia pelaksana pertandingan dan security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama dua tahun. Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp100.000.000.

Ke depan, Panpel Persib Bandung wajib untuk memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun.

Adapun untuk seluruh tersangka pengeroyokan, Komdis memutuskan sanksi larangan menonton sepak bola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Suporter tim Persija Jakarta (The Jakmania), Haringga Sirila, tewas sesaat sebelum kick-off laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9/2018). Ia diduga dikeroyok sekolompok suporter di area luar stadion.

(way)