Pend & Budaya

SMP Batik Surakarta Lantik Kepala Sekolah Baru

Pend & Budaya

29 September 2018 18:02 WIB

Ketua YPB Surakarta Solichul melantik kepala sekolah Ceket Palupi di Aula SMP Batik Surakarta, Sabtu (29/9/2018).

SOLO, solotrust.com- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Batik Surakarta melantik kepala sekolah baru. Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di Aula SMP Batik Surakarta, Sabtu (29/9/2018). Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta Ir. H. Solichul Hadi A. Bakri, M.erg.

Dalam prosesi pelantikan itu dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta, pengawas dan para pengurus YPB beserta para kepala sekolah dan guru di lingkup yayasan tersebut.



Berdasarkan surat keputusan dengan nomor 716/B/YPB/X/2018 yang ditandatangani oleh Ketua YPB Surakarta tertanggal 1 Oktober 2018, memutuskan Ceket Palupi Suroso S.Pd M.Pd menjadi Kepala SMP Batik Surakarta menggantikan Danang Sulistyanto. Surat Keputusan itu dibacakan oleh Muhammad Syafii, SE.

Pelantikan serta pembacaan sumpah jabatan sekaligus penandatanganan berita acara sertijab dilakukan secara langsung oleh Ketua YPB Surakarta dengan kepala sekolah yang baru.

Kepala SMP Batik Surakarta, Ceket mengaku siap untuk berfokus menatap masa depan SMP Batik berlandaskan kredo Yayasan Pendidikan Batik Surakarta, yakni Guyub Rukun Mangunggal.

"Ini merupakan tugas dan amanah bagi saya, akan saya jalankan dengan baik, supaya program dan kegiatan di SMP Batik bisa berjalan dan berhasil dengan baik, meneruskan prestasi kepala sekolah sebelumnya. Saya mohon doa dan dukungan," ucap pria asal Magelang.

Ceket akan berupaya mewujudkan siswa yang beriman, bertaqwa, berkarakter, cerdas, terampil, sehat, berprestasi dan berwawasan lingkungan sesuai dengan visi SMP Batik Surakarta.

"Hal itu juga harus selaras dengan misi kami, diantaranya menanamkan dasar-dasar perilaku beriman dan bertaqwa, menumbuhkan sikap toleran, menembangkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir logis, mengembangkan sikap cinta lingkungan, meningkatkam dasar hidup kewirausahaan hingga semangat berprestasi," papar dia.

Sementara itu, Ketua YPB, Solichul mengatakan, pergantian kepala sekolah ini adalah kegiatan periodik dalam rangka penyegaran dengan kepemimpinan yang baru dalam menjalankan visi dan misi YPB. Ia menyebut pejabat kepala sekolah yang lama sudah menyelesaikan masa bhakti dengan baik dan prestasi yang bagus.

"Hari ini kita telah melakukan sertijab dan pelantikan. Terima kasih atas kinerja pak Danang (kepala sekolah lama) atas segala kinerja dan prestasi yang diberikan kepada SMP Batik Surakarta," beber dia kepada solotrust.com usai pelantikan.

Ia berharap kinerja dan prestasi pejabat lama dapat menumbuhkan dan menjadi semangat serta inspirasi bagi pejabat yang baru untuk memajukan SMP Batik Surakarta.

"Apa yang sudah diraih kepala sekolah lama diharapkan menginspirasi kepala sekolah yang baru, dengan kerja cerdas pasti banyak hasil yang dicapai, kami yakin pak Ceket memiliki semangat baru untuk memajukan sekolah. Tentunya kami ingin SMP Batik bisa menjadi lebih baik lagi dan ikut memberikan sumbangsih pendidikan bagi kecerdasan anak bangsa," ungkap dia.

Solichul turut berpesan kepada seluruh jajarannya termasuk guru dan staf lainnya agar beradaptasi dengan kepala sekolah yang baru.

"Kita ucapkan selamat untuk jabatan kepala sekolah yang baru. Kita harapkan pak Ceket (Kepala Sekolah) mampu merengkuh mengajak bekerjasama seluruh stakelolder untuk menggali potensi SMP Batik, membangun bersama dan bertumbuh bersama dalam menghadapi tantangan jaman yang semakin kompleks," pungkas dia. (adr)

(wd)