Senin , 17 Mei 2021

Korsel Bawa Penyanyi Hip Hop ke Korut, Begini Reaksi Penonton Mendengar Zico Nge-rap

25 September 2018 02:02 WIB


Rapper Zico saat tampil membawakan lagu hip hop di Korea Utara (Dok JTBC via The Korea Herald)

SOLO, solotrust.com – Setelah rombongan artis Korea Selatan seperti Red Velvet dan SeoHyun Girls’ Generation tampil di Pyongyang, Korea Utara musim semi lalu, pada musim gugur ini beberapa artis kembali dibawa Presiden Moon Jae In ke Korea Utara dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ketiga untuk kedua negara yang berlangsung pada 18-20 September 2018.

Salah satu yang menarik perhatian adalah bagaimana tentang penampilan artis-artis yang dibawa ke sana. Diketahui bahwa kali ini pihak Korsel membawa salah satu rapper terkenal dari negaranya, Zico. Selain Zico, penyanyi lain yang masuk dalam rombongan adalah Ailee, Ali, dan penulis lagu Kim Hyung Suk yang membawakan lagu “Arirang” dan “Our Wish is Reunification (Harapan kami adalah reunifikasi)”.



Sebagaimana dikabarkan The Korea Herald, Minggu (23/9/2018), sebuah klip video yang memperlihatkan penampilan Zico saat ‘ngerap’ di Korut pun dirilis oleh JTBC Sabtu lalu. Kim Hong Gul, pemimpin dari Korean Council untuk Reconciliation & Cooperation yang juga salah satu delegasi yang menemani Presiden Moon ke Korea Utara hadir sebagai bintang tamu dalam newsroom talk dari JTBC tersebut.

Klip tersebut memperlihatkan Zico yang mengenakan setelah hitam tampil membawakan hits-nya “Artist” di depan penonton Korea Utara. “Artist” adalah sebuah single funky hip hop yang ada dalam album solonya “Television” yang rilis Juli 2017 lalu. Lagu itu ditampilkannya di pesta makan malam hari pertama kunjungan ke Pyongyang.

Ketika Kim ditanyai mengenai respon penonton ketika Zico tampil, Kim mengatakan “Mereka terlihat sedikit bingung karena itu adalah lagu yang tidak familiar untuk mereka. Itu juga pertama kalinya untukku menyaksikan penampilan penyanyi hip hop secara langsung. Yang bertepuk tangan kebanyakan yang berasal dari Korea Selatan.”

Sebagaimana dikabarkan The Korea Times, Jumat (21/9/2018), Zico mengatakan dia mengganti kata-kata yang biasanya diucapkan dalam Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Korea ketika tampil.

“Biasanya aku menambahkan adlib ‘Put Your Hands Up’ (dalam Bahasa Inggris) di tengah penampilan, namun aku menggantinya dengan ‘angkat tanganmu’ (dalam Bahasa Korea), dan partisipan dari Korea Utara juga mengangkat tangan di atas kepala mereka,” kata Zico.

“Aku sangat memikirkan apakah genre hip hop akan cocok dengan penonton. Namun (pihak Korea Utara) memberikan respon yang cukup untuk menghilangkan kekhawatiranku,” kata Zico dalam wawancara via telepon dengan Yonhap News Agency setelah kembali pada Kamis lalu.

Lalu, bagaimana reaksi Kim Jong Un melihat aksi nge-rap Zico tersebut? Karena Kim Jong Un duduk jauh dari panggung, maka Zico tidak tau bagaimana reaksinya. Namun, Zico mengatakan bahwa secara keseluruhan suasana di sana sangat ramah.

Rombongan delegasi Korea Selatan yang kali ini membawa penyanyi hip hop pun mendapat tanggapan yang beragam dari para kritikus budaya. Sebagaimana dikabarkan The Korea Times, Senin (17/9/2018) lalu, beberapa ahli pun memberikan pendapatnya.

“Aku dapat melihat pemerintah mencoba untuk menambahkan beberapa keberagaman budaya. Artis yang ditampilkan tidak terduga, seperti halnya ketika membawa Red Velvet ke Pyongyang,” kata kritikus budaya Jung Duk Hyun.

“Aku memperkirakan mereka berusaha keras untuk menunjukkan budaya Korea Selatan yang memang ada saat ini,” tambah Jung.

Kritikus budaya lain yakni Ha Jae Geun juga mempertimbangkan bahwa hadirnya Zico, Ali, dan Ailee adalah untuk merefleksikan sebuah bagian dari budaya musik pop yang saat ini ada di Korea Selatan.

Zico adalah leader dari boy group Block B yang debut tahun 2011. Bernama asli Woo Ji Ho dan lahir pada 14 September 1992, Zico adalah rapper, produser rekaman, serta pencipta lagu yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan dalam karir musiknya, seperti HipHopPlaya Awards 2012 untuk Mixtape of the Year dengan “Zico on the Block 1.5”, Artist Award dalam Korea Music Copyright Associaton 2017, dan Best Male Artist dalam Mnet Asia Music Awards (MAMA) tahun 2017.

Zico sudah merilis dua album solo yakni “Gallery” (2015) dan “Televison” (2017). Ia juga telah merilis lebih dari 20 single, seperti “Tough Cookie”, “Eureka”, “Pride and Prejudice”, “Vini Vidi Vici”, “Bermuda Triangle”, dan “Soulmate”. Zico juga berencana untuk segera menggelar tur ke Eropa dan Amerika Serikat. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com