Serba serbi

MotoGP: Balapan di Aragon, Maverick Vinales Diganjar Penalti 3 Grid

Olahraga

23 September 2018 10:31 WIB

Maverick Vinales mendapat hukuman dari FIM MotoGP Stewards Panel karena melambat di racing line (Motor Sport)

SOLO, solotrust.com- Maverick Vinales mendapat hukuman dari FIM MotoGP Stewards Panel karena melambat di racing line saat kualifikasi MotoGP Aragon.

Pembalap Yamaha itu dianggap berkendara dengan cara tidak bertanggung jawab di Tikungan 16, Sabtu (22/09/2018). Belakangan diketahui, ia mengganggu Bradley Smith pada sesi kualifikasi satu (Q1).




“Ini bertentangan dengan Pasal 1.21.2 dari Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix, bahwa pembalap harus berkendara bertanggung jawab yang tidak menyebabkan bahaya bagi pesaing atau peserta lain, baik di trek atau di pit lane. Oleh karena itu merupakan pelanggaran terhadap Regulasi Kejuaraan Dunia Grand Prix,” demikian pernyataan resmi, dilansir dari Motor Sport, Minggu (23/09/2018).

Berdasarkan alasan itu serta mempertimbangkan tingkat keseriusan pelanggaran, MotoGP Stewards Panel menjatuhkan penalti tiga grid kepada Vinales untuk balapan di Aragon.

Menanggapi hukuman diterimanya, pembalap Spanyol menjawab, “Saya pikir apa yang saya lihat mungkin saya mengganggu Bradley. Aturan adalah aturan. Seperti inilah.”


Tak hanya Vinales, Rookie Franco Morbidelli juga mendapat penalti turun enam posisi atas alasan serupa. Ia melambat di racing line dan mengganggu laju Smith saat Q1.

Dengan adanya penalti bagi kedua pembalap, Vinales akan memulai balapan dari grid ke-14, sedangkan Morbidelli menempati posisi ke-19.

(and)