Hard News

Waspadai Hujan Lebat Disertai Kilat Dalam 3 Hari ke Depan

Hard News

20 September 2018 16:06 WIB

(dok. BMKG)

JAKARTA, solotrust.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan memonitoring kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono R. Prabowo mengemukakan, dengan berakhirnya Badai Tropis “Mangkhut” beberapa hari yang lalu akan menyebabkan perubahan pola cuaca yang ditandai oleh turut melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia,  dan menjauh dari wilayah Indonesia.



“Untuk itu, masyarakat perlu waspada terhadap potensi adanya peningkatan potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia,” kata Mulyono Prabowo seperti dilansir dari laman resmi BMKG.  

Prabowo menjelaskan bahwa adanya pola sirkulasi siklonik di sekitar Laut Cina Selatan, peningkatan kelembapan udara yang basah di lapisan atmosfer pada ketinggian sekitar 1500 dan 3000 meter serta belokan arah angin dan perlambatan kecepatan angin pada lapisan atmosfer bagian bawah (sekitar 1000 meter) akan mengakibatkan  pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

“Kondisi dinamis atmosfer tersebut dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam periode 3 hari kedepan (20 – 22 September 2018),” ujar Prabowo.

(wd)