Pend & Budaya

Dosbing Tim Bengawan UNS Sudah Susun Strategi Kompetisi Tahun Mendatang

Pend & Budaya

20 September 2018 11:09 WIB

Tim Bengawan Formula Student Automotive Engineers (FSAE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

SOLO, solotrust.com- Dosen Pembimbing Tim Bengawan Formula Student Automotive Engineers (FSAE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agung Tri Wijayanta, patut berbangga dengan prestasi anak didiknya.

Pasalnya, Tim Bengawan UNS JAMA Chairman Awards dari ajang Student Formula Japan (SFJ) ke-16 yang dilaksanakan di Ecopa Stadium, Shizuoka Jepang 4-9 September 2018 lalu. 



Menurut Agung, prestasi itu merupakan buah kerja keras, disiplin, team work dan ketelitian yang bagus dari tim Bengawan. Selain itu, juga berkat doa dan dukungan dari seluruh civitas akademika UNS.

"Kami merasa bersyukur dapat membawa pulang penghargaan tersebut, semua berkat kerjasama segala lini," kata dia

Agung berharap penghargaan tersebut bisa menjadi penyemangat bagi tim untuk terus berprestasi. Sedang untuk kompetisi tahun depan, Agung mengaku sudah menyusun strategi agar bisa tampil lebih baik.

"Untuk 2019, akan melibatkan satu driver wanita. Driver wanita kemampuannya sebenarnya sama dengan laki-laki. Hanya saja, wanita bisa lebih hati-hati, cocok sekali buat uji rem," ujarnya.

Kondisi rem, bagi dia, termasuk salah satu penilaian dalam tahap Technical Inspection. Agar bisa mengikuti Dynamic Events, setiap mobil rancangan harus menjalani empat tes, yaitu Scrutineering, Tilt and Weight, Noise/Rain dan Brake (rem). Jika lolos semua, mereka akan mendapatkan 4 stiker.

Sementara itu, menilai keseluruhan performa dalam ajang itu tahun ini, Bengawan UNS berhasil memperoleh peringkat ke-69 dari 103 tim yang berlaga. Hasil ini menjadikan Bengawan menempati posisi empat terbaik dari enam tim yang dikirim dari Indonesia.

UNS berhasil mengungguli tim Universitas Indonesia (UI) yang ada di urutan 79 dan Universitas Islam Indonesia (UII) yang menempati peringkat 89.

Capaian tersebut merupakan hasil akumulasi dari beberapa kategori yang dilombakan. Seperti bidang technical inspection dan dokumen, bussiness logic plan, design report presentation, cost report presentation, skidpad, autocross, accelaration, efficency, dan endurance. (adr)

(wd)