Hard News

Puluhan Warga Umbulharjo Keracunan Usai Posyandu

Jateng & DIY

19 September 2018 19:24 WIB

Puluhan warga yang keracunan dirawat di RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta. (solotrust-adam)

YOGYAKARTA, solotrust.com – Puluhan warga Lowanu RW 16 Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta dilarikan ke RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta pada Rabu (19/9/2018) karena keracunan.

Sebanyak 32 warga ini mengalami keracunan massal usai mengonsumsi makanan yang diberikan saat mengikuti Posyandu. Mayoritas korban keracunan ini menderita mual, muntah-muntah, diare, dan lemas akibat kekurangan cairan.



Menurut warga, sehari sebelumnya, seluruh korban keracunan ini menikmati makanan jenis soto dan bubur kacang hijau yang disajikan pengurus salah satu Posyandu di sekitar rumah mereka. Namun gejala keracunan baru terasa pada Rabu pagi.

“Kemarin yang ikut makan itu 60 porsi, masalah yang keracunan ini saya jumlahnya belum pasti ya. Itu soto sama burjo, kemarin sore tapi kejadiannya makan,” kata salah seorang warga, Slamet.

Hingga sore tadi, sebagian korban keracunan masih menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Wirosaban, Yogyakarta. Salah seorang di antara korban bahkan harus menjalani rawat inap karena kondisi kesehatannya yang memburuk.

“Sejak pagi tadi hingga siang kira-kira jam 3 lebih sudah 32 pasian yang kita terima. Mereka kondisinya mual, lemas, kemudian diare. Jadi sesuai dengan tingkat berat ringannya keracunan itu,” jelas Plt Direktur RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat.

Meski ada dugaan keracunan massal ini disebabkan makanan jenis soto dan bubur kacang hijau yang dikonsumsi para korban di salah satu Posyandu, namun kepastian ini masih dalam tahap penyelidikan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

“Kita baru telusur, itu memang ada tanda-tanda keracunannya. Tapi penyebabnya apa, ini nanti ada teman-teman lain yang menelusur di lapangan,” lanjutnya. (adam)

(way)