Serba serbi

Hanya 50 Ribu Subscribers, YouTubers Bisa Dapat Uang Langsung dari Fans

Teknologi

20 September 2018 02:56 WIB

Ilustrasi YouTube (Pixabay)

SOLO, solotrust.com – Platform berbagi video, YouTube memperluas manfaat keanggotaan salurannya untuk menyertakan pembuat konten yang lebih kecil.

Engadget melaporkan, pembuat konten dengan 50 ribu lebih subscribers akan dapat menawarkan kepada viewers mereka biaya keanggotaan bulanan sebesar US$4,99 atau setara Rp74 ribu dengan imbalan fasilitas eksklusif. Sebelumnya, fitur ini membutuhkan setidaknya 100 ribu subscribers.



Melansir The Verge, Rabu (19/09/2018), fitur keanggotaan yang diperluas dari saluran game pada Juni, mirip dengan fitur di Patreon atau Twitch. Ini memungkinkan pembuat konten menghasilkan uang langsung dari fans mereka, ketimbang hanya mengandalkan iklan.

Seperti diketahui, masalah demonetisasi dan kebijakan baru telah mempersulit pembuat konten kecil untuk berkembang di platform. Alhasil, banyak di antara mereka beralih ke aliran pendapatan alternatif seperti penjualan barang dagangan dan pertunjukan langsung. Bahkan untuk beberapa saluran lebih besar, pendapatan di luar iklan sangat penting guna menjaga kelangsungan finansial mereka.

(and)