Hard News

Pemilu Tahun 2019 Memiliki Karakteristik yang Khas

Jateng & DIY

19 September 2018 09:34 WIB

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 Polres Wonogiri.

WONOGIRI, solotrust.com- Apel Gelar Pasukan Operasi  Mantap Brata Candi 2018 Polres Wonogiri dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2019 digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri, Rabu (19/9/2018).

Bertindak sebagai Ispektur upacara adalah Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Komandan upacara Kapolsek Wonogiri AKP Surono.



Dalam sambutan Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavia yang dibacakan oleh Bupati Wonogiri, Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 digelar rangka pengamanan Pemilu tahun 2019. Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan.

“Dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.” Tuturnya.

Kapolri menambahkan, Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak. “Dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoaks dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.” Ungkapnya.

Hadir dalam apel tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M.Heri Amrrulloh, Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede, Waka Polres Wonogiri Kompol A.Aidil Fitri Syah, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi, Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Dodi Budi Kelana, Ketua Panwaslu Ali Mahbub, Wakil Bupati  Wonogiri Edy santosa, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, Sekda Wonogiri Suharno, Komisioner KPU Wonogiri Bambang Tetuko.

(wd)