Hard News

Ribuan Warga Berburu Ikan Maskot

Jateng & DIY

17 September 2018 11:34 WIB

Ribuan warga berburu ikan. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com- Ribuan orang di Klaten berebut atau menangkap ikan sebanyak 2,5 ton dalam rangka pesta rakyat lebaran ikan (memet) ke 5 tahun di kolam ikan ukuran besar di Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Minggu (16/9/2018).

Kepala Desa Gemblegan Purwanto mengatakan, selain menebar ikan, panitia juga menyediakan hadiah bagi warga yang berhasil menangkap ikan maskot yang memiliki tanda khusus. Lebaran ikan ini sebagai wujud syukur masyarakat Desa Gemblegan atas hasil ikan yang melimpah.



“Dari tahun ke tahun semakin meningkat. Mereka membawa peralatan menangkap ikan, seperti jaring dan sebagainya. Warga berburu ikan di kolam itu secara bebas. Mereka menangkap ikan baik secara sendiri maupun berkelompok,” kata dia.

Dikatakanya, lokasi tebar ikan atau kolam ikan ini merupakan tanah kas desa dan pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Desa.

“Kolam ini disewakan kepada pembudidaya ikan. Setelah panen, dan penyewa kolam telah mengambil ikan yang ada, maka hasil panen yang tersisa itu lalu diberikan kepada warga melalui kegiatan lebaran ikan ini,” ujarnya.

Usai berebut ikan, dilakukannya peresmian Monumen Kedamaian Perempuan Jawa oleh putri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh Abdurrahman Wahid atau Yeny Wahid.

Monumen kedamaian yang berada di tengah kolam ini sebagai simbol perdamaian dan penghargaan terhadap jasa kaum ibu yang menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

Hadir dalam peresmian monumen kedamaian ini anggota DPR RI dari Partai Golkar Endang Srikarti Handayani (ESH), Sekda Klaten Jaka Sawaldi, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. (jaka)

(wd)