Hard News

Luhut Resmikan Pusat Komando Pengamanan IMF - World Bank Meeting

Hard News

16 September 2018 15:32 WIB

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan.

NUSA DUA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Pusat Komando Pengamanan Pertemuan Tahunan IMF - World Bank atau Command Center. Fasilitas baru ini berada di kawasan The Nusa Dua, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

“Kita berharap semua (penanganan keamanan) bisa terpadu. Bukan untuk menghadapi masalah, namun juga untuk mengatur alur kegiatannya supaya bagus,” kata Luhut, Sabtu (15/9/2018). Pusat Komando Pengamanan ini sudah mulai dioperasikan untuk mengintegrasikan semua elemen dalam tugas gabungan pengamanan baik Mabes TNI maupun Mabes Polri.



Luhut menjelaskan, selain Command Center, di Markas Polda Bali juga disiapkan pos untuk penanganan yang lebih detail dalam operasi-operasi yang lain. Ia menyebut hal-hal yang darurat maupun yang tidak darurat seluruhnya bisa dikontrol dengan baik di sana.

Selain meresmikan Command Center, Luhut meninjau kesiapan sejumlah fasilitas di antaranya RS Siloam yang akan menjadi rujukan awal penanganan jika ada delegasi yang sakit. Ia juga meninjau tempat pelaksanaan yakni Bali Nusa Dua Convention Center dan Pusdalops BNPBD Bali di Denpasar.

Selama kunjungan di Nusa Dua,  Luhut didampingi Gubernur Bali Wayan Koster, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung, serta Dansatgas Komlek Brigjen TNI Budi. #teras.id

(wd)