Serba serbi

Dance Gwara-Gwara, Dance Asal Afrika Selatan Yang Ada Dalam Koreografi ‘IDOL’ BTS

Musik & Film

07 September 2018 18:03 WIB

BTS menarikan dance Gwara-Gwara asal Afrika Selatan dari MV ‘IDOL’ (Dok. Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com- BTS diketahui menggunakan Gqom, ritme asal Afrika Selatan dalam musiknya. Gqom adalah sub genre dari musik house yang lahir di Kota Durban di Afrika Selatan. Gqom berasal dari Bahasa Zulu yang berarti “memukul’ atau ‘drum’. Gqom menggunakan teknik reduksionis, dark string dan breakbeats sinkopasi serta sampel vokal yang berulang-ulang.

Musik Gqom sangat tribal (bernuansa kesukuan) dan kick drum-nya memiliki pola yang tidak biasa. Suara Gqom mudah diidentifikasi karena ia unik. Dalam lagu ‘IDOL’ dari BTS, pendengar dapat dengan mudah mengenali keberadaan musik ini.



Tak hanya dalam hal musiknya saja, BTS ternyata juga menggunakan dance asal Afrika Selatan yakni Gwara-Gwara dalam koreografinya.

“Dance gwara-gwara dari Afrika adalah bagian dari koreografi ‘IDOL’. Aku pikir kalian semua dapat dengan mudah menirukan gerakan ini. Terdapat juga elemen talchum (tarian topeng khas Korea) dan samulnori chum (tarian samulnori/perkusi Korea). Aku harap kalian semua menyukai ‘IDOL’,” demikian kata J-Hope dalam acara comeback V live ‘Love Yourself: Answer’ beberapa waktu lalu.

Ya, koreografi ‘IDOL’ sendiri menggabungkan antara gerakan tradisional Korea dengan gerakan modern, misalnya dance Gwara Gwara asal Afrika Selatan ini. Gerakan dengan mencondongkan salah satu kaki kemudian seperti memutarnya ini memang populer sejak awal tahun ini. 

Seperti dikutip dari Africa.com, dance Gwara-Gwara sendiri dipopulerkan oleh artis asal Afrika Selatan bernama DJ Bongz melalui hitsnya ‘Ofana Nawe’ featuring Sobz. Dance Gwara-Gwara kemudian menjadi viral setelah DJ Bongz mengunggah tutorial tentang bagaimana menarikan dance tersebut via media sosialnya. Gwara-Gwara pun kemudian menjadi salah satu dance style paling populer di Afrika.

Pada 27 Agustus lalu, J-Hope diketahui mengunggah sebuah video dance challenge dengan beberapa gerakan yang ada dalam koreografi ‘IDOL’ via Twitter BTS, termasuk gerakan dance Gwara-Gwara ini. Dance challenge bernama #IDOLChallenge tersebut pun menjadi viral segera setelah diunggah, mendapatkan lebih dari 3000 klip dari partisipan dalam sehari.

Hari ini, Jumat (7/9/2018), BTS merilis MV ‘IDOL’ featuring Nicki Minaj. MV versi ini juga menampilkan klip-klip dari ARMY terpilih yang telah mengikuti #IDOLChallenge. Ada sebanyak 22 klip #IDOLChallenge dari fans yang berasal berbagai negara seperti Amerika Serikat dan India yang berhasil masuk dalam MV tersebut. Dari anak kecil, anak muda, hingga ramai-ramai sekeluarga menarikan #IDOLChallenge ini.

Dengan menampilkan gerakan gabungan dari tarian tradisional Korea dan dance asal Afrika seperti ini, BTS berhasil menyajikan karya kolaboratif antar budaya yang bisa menjadi jembatan Korea Selatan dengan negara-negara lain. Apalagi gerakan ini menjadi viral dan ditarikan oleh orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda di dunia. BTS pun kembali membuktikan bahwa musik adalah bahasa universal yang tidak memandang negara, bahasa dan budaya. (Lin)

()