Hard News

Seluruh Bali Sempat Mati Listrik, Ada Apa?

Hard News

05 September 2018 16:35 WIB

Ilustrasi.

BALI, solotrust.com- Mati listrik terjadi di seluruh Bali. Dari pantauan di kabupaten/kota se-Bali, Rabu (5/9/2018), listrik padam sekitar pukul 12.36 Wita. Dilaporkan, Gianyar, Tabanan, Jembrana, Bangli, maupun kabupaten lainnya mengalami pemadaman. Akibat listrik padam ini, warga yang tidak memiliki genset agak terhambat aktivitasnya.

Manager Distribusi PLN Distribusi Bali, Eko Mulyo mengatakan, kejadian Blackout di Bali disebabkan karena keluarnya pembangkit di PLTU Paiton dari sistem. Suplai dari Paiton mencapai 25 persen kelistrikan di Bali.  



Ia memaparkan karena berkurang 25 persen, sistem di Bali menjadi Blackout. “Kami harus melakukan penormalan. Untuk penormalan, butuh proses. Kami harus mendapatkan supply tegangan ke Pulau Bali, ke PLTU Celukan Bawang. Yang bisa berdiri sendiri, Pesanggaran,” jelasnya.

Proses ini paralel, yakni di Pesanggaran dan PLTU Celukan Bawang. Untuk PLTU Celukan Bawang menunggu supply dari Jawa. Begitu dapat supply, PLTU akan beroperasi. Sedangkan di Pesanggaran bisa langsung dihidupkan. “Saat ini sudah selesai (penormalan, red),” jelasnya.

Ia menegaskan peristiwa blackout di Bali yang terjadi sekitar pukul 12.36 Wita ini menjadi catatan buat PLN Distribusi Bali. “Kejadian ini menjadi perhatian kami untuk mengevaluasi, sistem yang ada di Pulau Bali yang terhubung ke Jawa. Banyak hal yang kami cek. Dari hasil investigasi akan ketahuan, kami akan buat skema yang lebih baik dari yang saat ini ada,” sebutnya. #teras.id

(wd)