Senin , 20 Januari 2020

Tumbuhnya Kubah Lava Merapi Bikin Warga Lereng Was-was

04 September 2018 21:00 WIB


Kubah lava Gunung Merapi.

KLATEN, solotrust.com - Bertumbuhnya kubah lava Gunung Merapi membuat warga di lereng Merapi mulai was was. Ada lima dukuh yang berdekatan dengan Gunung Merapi di antaranya Dukuh Sambungrejo, Gondang, Sukorejo, Banjaarsari, dan Ngepiksari yang berada di Desa Balairante, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Jarak antara Gunung Merapi dengan daerah itu hanya sekitar 4,7 kilometer. Ada sekitar 750 jiwa yang tinggal di sana.



Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Balerante, Jainu mengatakan, selama ada peningkatan lava, Pemerintah Desa Balairante terus mengadakan sosialisasi terhadap warga. Hal ini untuk mengantisipasi adanya letusan Merapi.

“Saya mengajak kepada warga agar tidak panik, setelah mendengar adanya peningkatan lava di Merapi,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/9/2018).

Dengan itu, pihaknya terus mengintensifkan pos ronda setiap malam untuk memantau kondisi Merapi.

“Setiap harinya secara bergiliran relawan di sini mulai bertugas memantau Merapi. Dengan berbagai upaya yang dilakukan itu menjadikan lebih siap bila terjadi erupsi,” ujarnya.

Salah seorang warga Dusun Sambungrejo, Desa Balerante, Surani ( 60) mengatakan, terkadang ia harus bekerja naik ke gunung untuk mencari pakan ternak. Dengan kondisi Merapi saat ini, membuatnya agak was-was.

“Selama ini kalau cari pakan ternak di sekitar rumah. Tapi kalau sudah habis mau nggak mau harus naik gunung,” kata dia. (jaka)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »