Entertainment

Semangat Tari Gemu Famire di Lanud Adi Soemarmo Semarakkan HUT ke-73 TNI

TNI / Polri

04 September 2018 13:07 WIB

Pemecahan rekor Muri Tari Gemu Famire di Solo dalam rangka peringatan HUT ke-73 TNI, Selasa (4/9/2018). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com -  Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dirayakan secara berbeda. Jajaran prajurit TNI di Indonesia secara serentak membawakan Tari Gemu Famire. Aksi ini pun sukses tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI dengan melibatkan total lebih kurang 305 ribu peserta.

Di Solo, Tari Gemu Famire kompak dibawakan ribuan orang yang berpusat di lapangan Dirgantara Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, pada Selasa (4/9/2018) pagi.



Tari Gemu Famire dibawakan sebanyak 3.927 peserta yang terdiri dari jajaran TNI/Polri, Dharma Pertiwi, Ormas, Pramuka, hingga pelajar di Solo Raya.

Pantauan solotrust.com di lapangan, para peserta Tari Gemu Famire sudah terlihat berkumpul sejak pukul 06.00 WIB. Mereka datang untuk segera menata barisan menempati posisi masing-masing, lalu pukul 06.45 WIB tarian ditampilkan.

Dalam menari Gemu Famire, para peserta menggunakan seragam olahraga angkatan masing-masing baik TNI/Polri maupun peserta lain. Tak hanya itu, mereka juga dilengkapi aksesori pom-pom berwarna merah dan putih bak cheerleaders.

"Kita berhasil menyelesaikan tugas dalam kegiatan tari Gemu Famire secara serentak di seluruh Indonesia, kita di sini (Solo) menjadi bagian dari 305 ribu peserta gerakan ini secara nasional, awalnya kami ditugaskan sebanyak 3.500 peserta tapi dari data yang hadir ternyata ada 3.927 peserta, saya berterima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan penguatan pelestarian tari Gemu Famire ini," terang Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah saat ditemui solotrust.com usai menari Gemu Famire.

Sementara itu, salah seorang peserta yang merupakan pelajar SMP Negeri 1 Mojolaban, Muhammad yoga (15) mengaku begitu senang dan bangga dapat berpartisipasi bersama prajurit TNI/Polri dalam pemecahan rekor MURI dengan membawakan Tarian Gemu Famire.

"Tari Gemu Famire kan budaya kita sendiri, terus tariannya juga menarik, senang sekali bisa partisipasi," ujar Yoga
Yoga.

Agar membawakan tarian ini dengan sempurna hari ini, ia bersama 24 kawannya mempersiapkan tarian itu dengan berlatih sejak dua hingga tiga pekan yang lalu.

"Ya, biar kompak kita pokoknya sering-sering latihan," tambahnya. (adr)

(way)