Serba serbi

Songwriter, Film Dokumenter Ed Sheeran Tentang Proses Kreatifnya Menulis Lagu

Musik & Film

30 Agustus 2018 03:03 WIB

Poster film dokumenter ‘Songwriter’ Ed Sheeran (Dok. Instagram @songwriterfilm)

Solotrust.com – ‘Songwriter’, film dokumenter tentang pandangan yang intim dan pribadi dalam proses penulisan lagu salah satu seniman terkemuka dunia, Ed Sheeran telah rilis serentak di dunia via Apple Music (28/8/2018).

Film dokumenter tersebut rilis mengikuti penayangan perdananya di Berlin Film Festival dan Tribeca Film Festival. Film tersebut juga telah tayang secara terbatas di New York dan Los Angeles.



Disutradarai oleh sepupu Sheeran yakni Murray Cummings, ‘Songwriter’ menampilkan tentang pembuatan album studio ketiga Ed Sheeran yakni ‘Divide’ dengan memberikan wawasan otentik tentang kehidupan Sheeran yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Dalam film ini, penonton dapat menyaksikan langsung kreativitas Ed Sheeran dalam mencipta lagu mulai dari chord pertama hingga sentuhan akhir ketika bunyi-bunyi itu menjadi sebuah lagu.

Selain itu, penonton juga bisa melihat bagaimana masa kecil Sheeran melalui rekaman yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya yang berasal dari arsip pribadi keluarganya.

Diperlihatkan juga bagaimana Sheeran menulis lagu di bus ketika tur, di Malibu yang indah hingga di salah satu kapal pesiar yang mewah.

Terekam juga bagaimana Sheeran bekerjasama dengan produser legendaris seperti Benny Blanco dan para musisi seperti Amy Wadge, Johnny McDaid, Foy Vance, Ryan Tedder dan Julia Michaels.

Melalui interaksi mereka yang indah dan lucu, Cummings mengungkapkan bahwa Sheeran adalah sosok yang terbuka dan sekaligus sangat berbakat.

“Songwriter memberi penonton pandangan sekilas yang unik tentang proses penulisan lagu. Film karya Murray ini secara brilian mendokumentasikan kerja keras dan DNA yang masuk dalam pembuatan lagu dari awal hingga akhir,” kata Ed Sheeran terhadap film ini sebagaimana dikutip dari laman songwriterfilm.com.

“Saya memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda,” kata Cummings yang bisa menyediakan tampilan yang otentik terhadap kehidupan Ed Sheeran dan proses kreatifnya yangmana hanya pihak keluarga yang bisa melakukannya.

“Saya tidak akan menunjukkan ketenaran. Saya tidak ingin paparazzi, teriakan dari fans atau stadion yang besar. Saya tidak ingin melakukan wawancara karena tidak ingin memberi tahu penonton bagaimana sesuatu terjadi. Saya hanya ingin menunjukkannya pada mereka. Saya ingin fokus tentang bagaimana (Ed Sheeran) menjadi seorang penulis lagu,” tambah Murray.

Murray Cummings sendiri adalah sutradara, penulis naskah film dan juga penulis lagu yang lahir di London tahun 1984. ‘Songwriter’ merupakan film perdana pria yang menerima gelar master dalam penulisan naskah skenario dari Royal Holloway University ini.

Film ‘Songwriter’ sendiri diproduseri oleh Kimmie Kim dengan eksekutif produser Stuart Camp dan Stefan Demetriou. (Lin)

(wd)