Serba serbi

BTS Cetak Sejarah di YouTube dengan MV ‘IDOL’

Musik & Film

28 Agustus 2018 15:31 WIB

Salah satu scene dalam MV ‘IDOL’ BTS (Dok BigHit Entertainment)

SOLO, solotrust.com – MV ‘IDOL’ dari BTS berhasil mencetak sejarah di YouTube. Diunggah di channel ibighit pada 24 Agustus 2018 lalu, MV tersebut telah  dikonfirmasi YouTube hari ini, Selasa (28/8/2018) sebagai MV yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertamanya.

“Selamat untuk BTS! ‘IDOL’ sekarang memegang rekor sebagai MV debut terbesar dalam sejarah YouTube karena telah ditonton lebih dari 45 juta kali dalam 24 jam pertamanya,” tulis YouTube dalam akun Instagramnya @youtube.



MV ‘IDOL’ berarti mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Taylor Swift dengan MV ‘Look What You Made Me Do’ yang ditonton sebanyak 43,2 juta kali dalam 24 jam pertamanya.

Terkait hitungan ini, sebelumnya ada kekhawatiran tentang bagaimana YouTube menghitung jumlah tampilan. Tampilan hitungan dari MV ‘IDOL’ diketahui membeku selama beberapa jam pada akhir pekan lalu. MV ‘IDOL’ diketahui menunjukkan angka 56 juta kali dalam 24 jam pertamanya.

Terkait hal ini, YouTube menyatakan bahwa untuk memverifikasi apakah tampilan nyata dan akurat, YouTube dapat memperlambat, membekukan atau menyesuaikan hitungan tampilan untuk sementara waktu serta membuang pemutaran berkualitas rendah.

Tak hanya MVnya, lagu ‘IDOL’ pun berhasil menempati peringkat 1 di 66 negara dalam chart lagu iTunes. Lagu tersebut juga berhasil menduduki semua chart realtime di Korea Selatan Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver dan Soribada.

‘IDOL’ adalah sebuah lagu yang menggabungkan unsur Gqom style dari Afrika Selatan, rap, EDM dan suara-suara yang secara umum bisa didengar dalam gugak (musik tradisional Korea).

Dalam MV ‘IDOL’, terdengar seruan seperti ‘duk-koong-deo-reo-reok’ yang merupakan ritme yang umum dalam ‘Samulnori’ atau musik perkusi tradisional Korea.

Selain itu, terdapat juga seruan seperti ‘Eolssu’ yang disebut dengan ‘Chu-imsae’. Seruan ini biasa dikeluarkan penabuh gendang dalam pentas pansori untuk meningkatkan semangat. Pansori sendiri genre musik “storytelling” tradisional Korea yang menampilkan seorang penyanyi (sorikkun) dan penabuh gendang (gosu). Pentas pansori menceritakan dan menyanyikan kisah-kisah tentang nilai-nilai moral seperti kebajikan dan cinta.

Tampilan MV ‘IDOL’ sendiri bertema festival atau selebrasi. Para anggota BTS terlihat tengah tampil di panggung layaknya di sebuah festival. Festival pun digambarkan baik dengan nuansa modern maupun tradisional. Ya, BTS juga terlihat mengenakan satu jenis pakaian tradisional Korea (durumagi) kemudian tampil pavilion khas Korea.

Dalam tariannya, BTS pun menggabungkan tarian modern dengan gerakan tarian tradisional khas Korea. Visual MV pun menampilkan unsur tradisional seperti harimau yang berlari dengan latar lukisan khas Korea.

Hingga hari ini, MV ‘IDOL’ sendiri tercatat sudah ditonton lebih dari 88 juta di situs YouTube. (Lin)

(way)

Berita Terkait

Berita Lainnya