Jumat , 26 Februari 2021

Naskah Kuno Koleksi Museum Radya Pustaka, Masih Jadi Magnet Peneliti Asal Luar Negeri

28 Agustus 2018 11:34 WIB


Pengelola naskah kuno Museum Radya Pustaka Solo Kurnia Heniwati (35), saat menunjukan salah satu naskah kuno koleksi Museum Radya Pustaka. (dok)

SOLO, solotrust.com- Keberadaan naskah kuno koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta, tampaknya masih menjadi magnet.

Bukan hanya warga Indonesia saja yang ingin melihat, namun warga dari luar negeri juga menyatakan ketertarikannya. Bahkan, mereka tidak hanya melihat, namun juga melakukan penelitian di salah satu museum tertua di Indonesia ini.



”Kalau berapa jumlah pengunjung asal luar negeri yang datang, saya kurang tahu. Namun hampir setiap bulan selalu ada pengunjung dari negara luar, seperti Amerika, Jepang, Kroasia dan negara lainnya,” jelas pengelola Naskah Kuno Museum Radya Pustaka Surakarta, Kurnia Heniwati saat ditemui Solotrust.com, Selasa (28/8/2018).

Heni mengakui, setiap kali datang, mereka langsung mencari naskah kuno. Karena berdasarkan keterangan Heni, warga asing tersebut seorang mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.

”Kalau yang diteliti macam-macam, ada tentang wayang, kisah atau cerita hingga bagaimana cara orang Jawa saat menangani seseorang yang kerasukan mahkluk halus,” terang dia.

Guna menjaga keawetan naskah-naskah tersebut, sampai saat ini proses digitalisasi naskah kuno masih terus berlangsung. (dit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com