Hard News

Jelang Sekaten, Pengelola Masjid Agung Minta Bangsal Pradangga Diperbaiki

Jateng & DIY

27 Agustus 2018 12:30 WIB

Bangsal Pradangga untuk meletakan galeman Keraton saat Sekaten. (solotrust-dit)

SOLO, solotrust.com - Pihak pengelola Masjid Agung Kota Surakarta berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan di bangsal Pradangga. Pasalnya tak lama lagi perayaan Sekaten akan berlangsung.

”Kemarin dari pihak terkait sudah datang ke sini. Untuk melihat studi kelayakannya,” jelas Sekretaris Masjid Agung Surakarta Muhammad Mukhtarom kepada Solotrust.com,. Senin (27/8/2018).



Bangsal Pradangga ini jika saat Sekaten dijadikan lokasi sebagai tempat untuk membunyikan seperangkat gamelan, yakni Gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari. Bangsal Pradangga ini berada di depan pojok kiri dan kanan masjid.

Ketika ditanya kapan targetnya, pria yang juga menjabat sebagai Tafsir Anom Keraton Kasunanan Surakarta ini berharap sebelum Sekaten sudah dimulai sudah selesai. Mengingat, akhir tahun ini Sekaten sudah mulai dilangsungkan.

”Ya secepatnya, karena kalau hujan, di sana terocoh atau airnya masuk. Sehingga yen dibiarkan eman-eman gamelane,” katanya. (dit)

(way)