Sabtu , 14 Desember 2019

Kwarran Pramuka Baki Gelar Jambore 2018 dan Estafet Tunas Kelapa

27 Agustus 2018 06:22 WIB


Jambore Kwarran Baki 2018 digelar di Lapangan Baki Pandeyan, Sukoharjo, 25-26 Agustus 2018. (Istimewa)

SUKOHARJO, solotrust.com – Dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-57 Pramuka, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Baki, Sukoharjo menggelar Jambore 2018 di Lapangan Baki Pandeyan, Sukoharjo, 25-26 Agustus 2018. Jambore diikuti 44 gugus depan SD dari wilayah Kecamatan Baki. Sekitar 400 anak dan 100 pembina orang dewasa juga turut hadir dalam jambore ini.

Acara ini juga berbarengan dengan Estafet Tunas Kelapa (ETK) yang dilaksanakan serah terimanya di Pendopo Kecamatan Baki. Sehingga dalam acara tersebut juga diadakan upacara semayaman ETK dan pemberangkatan ETK oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sukoharjo Purwadi.



Estafet diberangkatkan dari pendopo kecamatan menuju Makamhaji, kemudian diterima oleh Kwarran Kartasuro di wilayah Makamhaji, Pajang.

Purwadi yang juga menjabat Wakil Bupati Sukoharjo, dalam amanatnya menyampaikan bahwa ETK menjadi salah satu ajang untuk membentuk manusia berkarakter bagi bangsa.

“Dengan Estafet Tunas Kelapa mari kita bentuk manusia yang berkarakter,beriman, dan bersama-sama membangun gerakan Pramuka sebagai perekat NKRI,” tuturnya.

Sementara Ketua Kwarran Baki Sugimin mengatakan, dalam Jambore Kwarran Baki 2018 ini, juga digelar kejuaran ranking 1, pionering, dan karnaval ondel-ondel. Ia menjelaskan, serangkaian acara itu sebagai ajang penyemangat bagi Pramuka Penggalang yang mengikuti kegiatan jambore.


“Dengan diadakan Jambore Kwarran Baki 2018 sebagai wujud perekat persaudraan dan perekat NKRI sesuai moto dari logo dalam peringatan ke-57 Pramuka,” ujar Sugimin.

Dalam jambore ini, dilaksanakan pula donor darah dan bakti sosial bersama masyarakat wilayah Kecamatan Baki yang juga diikuti Camat Baki Sukoharjo Roni Wicaksono.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com