Hard News

Rayakan Iduladha Hari Ini, Ponpes Assalam Sembelih 42 Hewan Kurban

Jateng & DIY

21 Agustus 2018 17:16 WIB

Penyembelihan hewan kurban di PPMI Assalaam, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (21/8/2018).

SUKOHARJO, solotrust.com - Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam, Kartasura, Sukoharjo, merayakan Iduladha pada 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah atau Selasa (21/8/2018). Hal itu ditandai dengan gelaran salat Id dan penyembelihan kambing.

Pantauan di lapangan, usai melaksanakan salat Id, sekitar pukul 08.00 WIB sebagian santri ponpes Assalam menuju lapangan ponpes sebelah barat untuk membantu proses penyembelihan hewan kurban.



Kepala Bagian Humas PPMI Assalam, Qomaruddin, menyampaikan, ada 36 sapi dan 6 kambing yang dikurbankan dalam Iduladha tahun ini.

"Hewan kurban disembelih di beberapa tempat tidak hanya di Ponpes saja, ada yang di wilayah binaan," ujarnya saat diwawancara solotrust.com

Ia menguraikan, dari 36 sapi kurban yang disembelih dibagi menjadi PPMI Assalam ada 17 ekor, lalu di Tepus, Gunung Kidul, DIY, ada 11 ekor, kemudian di Sinongko, Karanganyar berjumlah 2 ekor dan Pacitan sebanyak 6 ekor sapi.

"Untuk 6 kambing seluruhnya disembelih di sini (ponpes Assalaam)," urainya.

Ustadz Qomar menambahkan, daging hewan kurban itu dibagikan kepada keluarga besar PPMI Assalam dan juga masyarakat sekitar pondok pesantren.

"Selain itu juga para driver taksi, pengemudi becak yang mangkal di sekitar ponpes," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Ponpes Assalaam memutuskan untuk merayakan Iduladha pada Selasa ini karena mengacu pada pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah yang berlangsung pada 9 Dzulhijjah atau pada Senin (20/8/2018) kemarin. (adr)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya