Hard News

Ini Latar Belakang Konsep Pembukaan Asian Games 2018

Hard News

19 Agustus 2018 15:34 WIB

Presiden Jokowi naik Moge saat pembukaan Asian Games 2018.

JAKARTA - Asian Games 2018 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sabtu (18/8/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Ada hal unik saat kedatangan Presiden Jokowi ke tribun VIP. Pada awalnya Jokowi digambarkan dalam sebuah video berangkat dengan mobil dinas kepresidenan dari Istana Bogor ke SUGBK. Namun rombongan harus terhenti karena kemacetan. Jokowi pun langsung memilih menunggang motor gede (moge) untuk menembus lalu lintas.



Beberapa aksi ekstrem digambarkan sang Presiden saat di atas motor. Mulai dari meliuk di antara kendaraan lain, melompati kendaraan lain, hingga melakukan aksi stoppie (mengerem dengan rem depan hingga ban belakang terangkat).

Jokowi pun tiba di SUGBK dan langsung mengendarai motornya masuk ke area VIP. Ia pun turun di depan lift sebelum masuk ke tribun VIP bersama pejabat dari negara lain yang telah menunggunya.

Direktur Kreatif Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama, mengaku konsep ini awalnya masih berupa ide abstrak. Apalagi konsep seperti ini terbilang tak umum dan harus mendapat perizinan ketat mengingat posisi Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia.

"Karena beliau orangnya asyik, santai, jadi ketika kita sampaikan (idenya) pun bisa tereksplor. Sempat berkali-kali saya dipanggil dan bicara cuma berdua. Tapi akhirnya saya sendiri yang memutuskan," ujar Wishnutama usai upacara pembukaan.

Wishnutama yang merupakan CEO NET Mediatama Televisi mengatakan, membangun konsep ini tak mudah. Apalagi hal ini merupakan salah satu unsur kejutan utama yang menjadi sajian di opening ceremony itu.

Meski begitu, Wishnu enggan memberitahu apakah sosok pengendara motor saat masuk ke arena SUGBK adalah benar-benar Jokowi sendiri. Ia pun enggan mengaitkan konsepnya ini sebagai bentuk dukungan kepada Jokowi yang baru saja mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden 2019.

"Ini purely sebuah konsep kreatif. Saya pikirannya cuma satu, bisa berbuat hal yang kreatif dan menyenangkan. Tak ada kepentingan politik sama sekali," kata Wishnutama.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung meriah dengan melibatkan ribuan penari dan dengan aransemen musik dari Addie MS dan Ronald Steven. Selain itu konsep panggung yang dihiasi oleh miniatur gunung dan perbuktian khas Indonesia menambah kesan megah pada upacara ini. #teras.id

(wd)