Serba serbi

Madonna bakal Buka Akademi Sepakbola di Malawi

Musik & Film

18 Agustus 2018 21:35 WIB

Madonna tampil di panggung The 57th Annual Grammy Awardsdi Staples Center pada 8 Februari 2015 di Los Angeles (Michael Tran/FilmMagic)

SOLO, solotrust.com – Ratu pop Madonna berencana membuka akademi sepak bola di Malawi. Hal ini terinspirasi oleh putra angkatnya, David Banda yang punya ambisi menjadi pemain profesional. Bocah 12 tahun itu saat ini tengah berada di akademi sepakbola Benfica di Portugal.

“Ini sebenarnya ide David bahwa kita harus membangun akademi sepakbola,” kata Madonna pada kunjungannya ke Malawi baru-baru ini, dilansir dari Billboard, Sabtu (18/08/2018).



Penyanyi yang baru saja merayakan ulang tahun ke-60 pada 16 Agustus kemarin mengaku, ide pendirian akademi sepakbola di negara Afrika Selatan muncul bulan lalu. Rencana itupun disambut antusias asosiasi sepakbola nasional Malawi.

"Kami sangat gembira dengan kesempatan yang telah muncul ini. Tentunya hal ini akan melengkapi upaya kami untuk mendirikan akademi sepakbola di negara ini," ujar Ketua Asosiasi Sepakbola Malawi, Walter Nyamilandu kepada The Associated Press.


Pihak asosiasi telah menawarkan Madonna sebidang tanah di samping stadion sepak bola nasional di Ibukota Lilongwe. Pelantun ‘Frozen’ memang sangat peduli terhadap permasalahan sosial. Ia juga telah mendirikan badan amal Raising Malawi yang berfokus membantu anak-anak yatim dan rentan. Selain telah membangun panti asuhan, badan amal itu juga mendirikan sekolah dan unit rumah sakit spesialis anak.

Madonna sendiri terus mengikuti perkembangan David hingga rela pindah ke Portugal. Ia juga kerap memosting foto dan video aksi sepakbola sang anak.

Terkait keputusan ibunya membuka akademi sepakbola di Malawi, David berharap akademi bisa membantu meningkatkan profil sepakbola negara kelahirannya. Apalagi Malawi saat ini tidak memiliki akademi sepakbola.

"Kami akan mulai pelan-pelan dan tumbuh lebih besar, masuk ke Piala Afrika dan semoga tumbuh sebesar yang kami bisa," ujarnya.

Malawi saat ini hanya memiliki satu pemain di Liga Eropa, gelandang Tawonga Chimodzi bermain untuk tim divisi dua di Siprus.

(and)