Sabtu , 15 Mei 2021

Wattpad & iflix Akan Produksi Film Original Karya Penulis Indonesia

16 Agustus 2018 21:02 WIB


Wattpad, platform digital yang populer digunakan penulis Indonesia untuk berkarya (Dok Instagram @priciliachang)

SOLO, solotrust.com – Kabar gembira bagi para penulis Indonesia di Wattpad karena iflix baru saja menyepakati kerja sama dengan platform menulis asal Kanada tersebut untuk memproduksi film-film original yang diangkat dari karya-karya mereka.

Sebagaimana dilansir dari The Hollywood Reporter, Rabu (15/8/2018), mereka akan memproduksi film-film original selama tahun depan. Film-film tersebut akan dikembangkan dari cerita-cerita dari Indonesia yang diterbitkan di Wattpad.



Mereka juga akan menggunakan machine learning (mesin pembelajaran) untuk mengidentifikasi cerita-cerita dan tren cerita yang paling potensial untuk bisa diadaptasi.

“Bekerja sama dengan iflix, kami dapat menghadirkan kepada jutaan pengguna yang bersemangat di Indonesia dan Asia Tenggara tentang apa yang mereka inginkan, yakni cerita-cerita lokal yang mereka sudah cintai dan tidak sabar untuk melihat adaptasinya dalam layar lebar,” kata Aron Levitz, kepala dari Wattpad Studios.

Indonesia sendiri merupakan wilayah pertumbuhan utama untuk Wattpad, yang terdiri sekitar 10% dari total 65 juta pengguna Wattpad di seluruh dunia.

Diluncurkan pada 2006, Wattpad memfasilitasi para penulis amatir untuk menerbitkan karya mereka secara online.
Dalam beberapa tahun terakhir, perusahan tersebut telah meningkatkan jejaknya dalam film dan TV dengan mengadakan transaksi dengan Universal Cable Productions, Sony Pictures Television, eOne, dan lainnya untuk mengadaptasi IP (Intellectual Property) menjadi sebuah properti hiburan.

Di Filipina, Wattpad telah bekerja sama dengan TV5 untuk memproduksi serial berjudul Wattpad Presents yang terdiri dari 250 episode yang berdasarkan 76 cerita original dari Wattpad.

“Dengan Wattpad, kami sekarang memiliki kesempatan untuk bekerja dengan ribuan penulis bertalenta di Indonesia untuk menghadirkan cerita-cerita mereka ke dalam peran nyata untuk jutaan pengguna iflix di Indonesia, dan lebih luas ke 30 pasar kami di seluruh dunia,” kata Chief Content Officer dari iflix, Sean Carey.

Diluncurkan pada 2015, iflix yang sekarang aktif di 28 teritori tersebut juga mengungkapkan bahwa Indonesia adalah pasar yang paling cepat tumbuh dengan subscribers mencapai 9 juta. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com