Hard News

Kampanyekan Internasional Gamelan Festival 2018, KomuniKotaVisual Pajang Puluhan Poster

Jateng & DIY

6 Agustus 2018 22:37 WIB

Tampilan poster peduli budaya tradisi yang dipajang di Pasar Gede Solo, Senin (6/8/2018). (solotrust.com/adr)

SOLO, solotrust.com - Menyambut Internasional Gamelan Festival 2018, KomuniKotaVisual bekerjasama dengan Saujana Gamelan menggelar pameran poster peduli budaya tradisi. Poster berukuran 60x90 cm itu dipajang di depan Pasar Gede Solo, Senin (6/8/2018).

"Event sebagai dukungan dalam pelaksanaan Internasional Gamelan Festival 2018 melalui media poster kreatif untuk mengekspresikan beragam pesan dalam rangka kampanye peduli pelestarian seni budaya Indonesia, khususnya seni musik Gamelan," kata Founder KomuniKotaVisual, Basnendar kepada solotrust.com di sela acara.



Menurut Basnendar, kegiatan ini memberi edukasi dan menumbuhkan pesan akan kepedulian dan sekaligus melestarikan seni tradisi kepada masyarakat, serta untuk ikut dalam menyukseskan event besar kota Solo yaitu Internasional Gamelan Festival 2018.

Beragam poster kreatif baik berupa kombinasi dari aspek visual maupun teks yang berjumlah sekitar 20 buah berisi konten persuasif seperti "Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Gamelan", "Suara dari Kendhang, Bukan untuk Dikenang", "Peduli Seni Budaya, Harapan Masa Depan Bangsa", "Generasi Masa Kini Generasi Peduli Budaya Sendiri".

"Lewat event ini, KomuniKotaVisual mencoba menjembatani kampanye sosial ini melalui desain komunikasi visual, khususnya desain poster kepada masyarakat, terutama generasi muda yang cenderung meninggalkan ataupun tidak peduli potensi seni budaya yang ada," tuturnya.

Basnendar menuturkan, karya poster-poster ini juga akan dipamerkan di Galeri Taman Budaya Jawa Tengah yang bertajuk pameran Saujana Gamelan: Menjangka Suara - Merangkai Dunia yang akan dilaksanakan pada 10 -15 Agustus 2018 mendatang, bersama dengan karya seni rupa lainnya.

Ia berharap melalui media desain poster ini bisa ikut melestarikan dan memelihara seni budaya milik Indonesia ke depannya.

Untuk diketahui, KomuniKotaVisual sebagai lembaga independen yang bergerak untuk mengedukasi dan mengembangkan bidang desain komunikasi visual, khususnya bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. (adr)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya