Serba serbi

Mencari Penerus BTS Berarti Mencari Musisi, Bukan Hanya Idola

Musik & Film

02 Agustus 2018 20:02 WIB

BTS (Dok Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com – Saat ini, penggemar K-POP tengah mengantisipasi akan lahirnya “The Next BTS’. Terlebih pihak Big Hit Entertainment dengan CJ E&M tengah dalam proses pembentukan perusahaan joint venture yang secara tentatif bernama ‘Belief’.

‘Belief’ sendiri rencananya akan menciptakan format program audisi global untuk menemukan bakat di seluruh dunia. Tidak seperti Produce 101 yang pesertanya berasal dari agensi yang sudah ada, program dari ‘Belief’ akan mengundang mereka yang tidak tergabung dalam firma tertentu sehingga pemenang akan menandatangani kontrak dengan perusahaan. Pemenang nantinya akan debut entah sebagai grup maupun sebagai solois.



Kontrak BTS dengan Big Hit sendiri diketahui hanya tinggal 2 tahun lagi, meskipun BTS bisa jadi masih akan memperpanjang kontraknya dengan agensi yang telah membesarkan namanya tersebut.

Namun, semudah itukah mencari penerus dari BTS?

CJ E&M tidak dipungkiri adalah perusahaan musik terbesar di Korea Selatan saat ini. CJ memiliki akses yang besar dalam hal produksi konten dan finansial. Melalui Mnet, mereka juga telah memproduseri acara audisi K-POP besar yakni Produce 101 yang sekarang sudah mencapai musim ketiga.

Ya, grup I.O.I dan WANNA ONE adalah grup populer yang tercipta dari ajang tersebut. Saat ini, mereka tengah menghadirkan ajang serupa yang menggabungkan konsep Produce 101 dan AKB48. Tak hanya peserta dari Korea Selatan, namun ajang ini juga menghadirkan perwakilan dari AKB48, SKE48, dan yang lainnya dari Jepang.

Musisi Kreatif

Satu hal yang harus digarisbawahi di sini adalah BTS bukan hanya idol group yang pandai menyanyi dan menari, mereka adalah musisi. Dalam karirnya, para anggota BTS terutama rapper-nya yakni RM, Suga, dan J-Hope terlibat aktif dalam pembuatan lagu-lagu mereka sejak awal. Sejumlah mixtape pun telah mereka keluarkan untuk membuktikan passion mereka sebagai seorang musisi.

Dalam menciptakan album, para anggota BTS berpartisipasi mulai dari pembuatan lirik, melodi, bahkan pada komposisi lagu. Mereka bukan hanya singer, tapi mereka telah berada pada level singer songwriter yang begitu diperhitungkan keberadaannya.

Semua anggota BTS yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan JungKook kini telah menjadi anggota KOMCA, asosiasi musik di Korsel bagi para musisi dalam hal hak cipta karya mereka. RM sejauh ini telah menciptakan 80 lebih lagu yang terdaftar di sana. Suga juga telah mempunyai lebih dari 60 lagu dan J-Hope lebih dari 50 lagu.

Jauh sebelum begitu terkenal seperti sekarang, mereka memulainya dari pertunjukan-pertunjukan kecil sejak masa sekolah. Ketertarikan dan keseriusan mereka pada musik dimulai dari usia sangat muda dan terus berkembang semenjak mereka masuk di Big Hit Entertainment dan bertemu dengan musisi profesional seperti Bang Shi Hyuk dan Pdogg.

Suga diketahui mulai mendalami musik sejak Sekolah Dasar (SD) dengan memainkan MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Dia juga mulai menciptakan lagu sejak usia belia. Tak berbeda dengan RM, dia memulai jalan musiknya dengan membuat mixtape dan tampil sebagai rapper underground sejak usia belia. 

BTS pun tidak langsung menjadi bintang besar dari awal karirnya, mereka memulainya dari nol untuk bisa dalam titik sekarang. Lahir dari agensi kecil, BTS di awal karir tidak begitu bersinar karena minim publikasi dari channel-channel mainstream. Memanfaatkan media sosial terutama Youtube dan Twitter, mereka pun membangun engagement dengan penggemar global dengan cara mereka sendiri.

BTS merekam aktivitas mereka dalam video-video pendek dan diunggah di channel Youtube mereka yakni BANGTAN TV. BTS sendiri merupakan kependekan dari “Bangtan Sonyeondan”, frasa dalam Bahasa Korea yang berarti “pemuda-pemuda yang tahan peluru”. Penggemar internasional juga banyak memanggil mereka dengan Beyond The Scene.

Tahun ini, channel tersebut berada dalam posisi 3 channel K-POP yang paling banyak tumbuh. Subscriber channel tersebut pun kini sudah mencapai 9,8 juta lebih. RM sendiri mengakui besarnya BTS tidak lepas dari media sosial yang menghubungkan mereka dengan para ARMY (sebutan fans BTS) dari seluruh dunia.

Tak hanya itu, BTS juga menjadi artis Korea Selatan dengan followers Twitter terbanyak, yakni lebih dari 15 juta. Mereka aktif berkomunikasi dengan fans meskipun hanya via video pendek, mengunggah foto jalan-jalan mereka di taman bunga, hasil fotografi, meng-capture lagu yang tengah mereka dengar sebagai rekomendasi untuk para fans dan hal-hal sederhana lainnya.

Karena engagement tersebut, predikat Top Social Artist dari Billboard Music Awards (BBMAs) pun menjadi milik BTS dalam dua tahun ini, mematahkan rekor 6 kali yang sebelumnya dipegang Justin Bieber.

Joongang Daily dalam artikelnya tentang kerja sama Big Hit dan CJ E&M juga menyoroti tentang hal ini. “CJ E&M memiliki banyak channel kabel termasuk TvN. Mereka mempunyai jaringan global dengan pengalaman mengekspor program-program TV dan telah memproduseri audisi bintang K-POP besar yakni Produce 101. Namun, mereka punya sedikit pengalaman dalam mengangkat musisi, di mana musisi adalah titel yang cocok untuk menggambarkan BTS,” tulisnya hari ini, Rabu (2/8/2018).

Big Hit & CJ E&M melalui ‘Belief’ pun akan berusaha mengombinasikan kekuatan masing-masing untuk mengukir sejarah dalam industri musik Korea Selatan.

Jika CJ E&M punya kelebihan dari sisi finansial dan produksi konten, maka Big Hit juga memiliki hitmaker seperti Bang Shi Hyuk dan Pdogg yang merupakan “guru” bagi BTS. Mereka adalah dua figur musisi yang membersamai karir BTS selama ini. Dua orang pencipta lagu handal dari Korea Selatan yang beberapa waktu lalu juga telah menerima sejumlah penghargaan dalam kiprahnya sebagai produser.

Lima tahun setelah debut, BTS kini menjadi grup paling sukses dari Korea Selatan yang memikat bukan hanya publik Asia namun juga Amerika dan Eropa. Pada 31 Juli lalu, album terbaru mereka ‘Love Yourself: Tear’ diketahui telah bertahan selama 10 minggu berturut-turut dalam Billboard 200, satu dari dua chart utama Billboard selain Billboard Hot 100. Album tersebut juga sukses mencetak sejarah dengan menjadi album pertama Korea Selatan yang memuncaki Billboard 200.

Lalu, apakah penerus musisi sekelas BTS dapat mereka ciptakan? Kita tunggu saja bagaimana mereka menciptakan ‘The Next BTS’. (Lin)

(way)