Serba serbi

Big Hit Siapkan Penerus BTS dengan CJ E&M

Musik & Film

02 Agustus 2018 15:31 WIB

BTS (Dok Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com – Dua agensi hiburan besar di Korea Selatan Big Hit Entertainment dan CJ E&M akan bekerja sama untuk menciptakan penerus dari mega bintang K-POP dunia, BTS. Dalam hal itu, mereka akan membuat perusahaan bersama (joint venture) yang secara tentatif bernama ‘Belief’.

Sebagaimana dikabarkan Joongang Daily, Kamis (2/8/2018), dua perusahaan tersebut dilaporkan telah mengajukan sejumlah dokumen kepada Fair Trade Commission untuk meluncurkan sebuah perusahaan hiburan dengan modal mencapai 7 miliar Won (sekitar Rp90 miliar) sebagimana dikabarkan media lokal, kemarin.



“Benar bahwa kami sepakat untuk mendirikan sebuah joint venture, namun masih ada banyak langkah-langkah yang harus kami jalani untuk menuju ke sana,” kata juru bicara dari pihak CJ E&M.

Kabar yang beredar, CJ E&M memegang 51% saham dan Big Hit sebanyak 49%. Kendati demikian, pihak CJ E&M mengatakan hal tersebut belum bisa dikonfirmasi karena masih dalam proses. Rencananya, perusahan tersebut akan di-launching bulan ini.

Lima tahun setelah debut, BTS kini menjadi grup paling sukses dari Korea Selatan yang memikat bukan hanya publik Asia namun juga Amerika dan Eropa. Pada 31 Juli lalu, album terbaru mereka ‘Love Yourself: Tear’ diketahui telah bertahan selama 10 pekan berturut-turut dalam Billboard 200, satu dari dua chart utama Billboard selain Billboard Hot 100.

Seperti diketahui bahwa SM, JYP dan YG adalah tiga agensi besar yang mendominasi K-POP dengan jumlah artis yang tak sedikit. Big Hit yang sukses besar hanya dengan BTS dipandang terlalu mandiri sehingga menimbulkan kekuatiran.

Kerja sama Big Hit dengan perusahaan yang kuat seperti CJ E&M dipandang dapat membawa stabilitas untuk Big Hit Entertainment yang saat ini statusnya telah begitu meningkat. Saat ini, nilai perusahaan Big Hit diestimasi sebesar 100 miliar Won (sekitar Rp10 triliun).

CJ E&M sendiri adalah perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan saat ini. Ia memiliki akses besar dalam hal produksi konten maupun finansial. Channel musik mereka yakni Mnet memproduseri acara audisi bintang K-POP terbesar yakni Produce 101 yang melahirkan grup I.O.I pada 2016 dan WANNA ONE pada 2017.

Meskipun sukses, namun I.O.I dan WANAN ONE hanya berada di bawah CJ E&M dalam sistem kontrak. Ini karena mayoritas dari mereka sebelumnya sudah menandatangi kontrak dengan agensi-agensi yang berbeda. WANNA ONE sendiri kontraknya juga akan segera berakhir akhir tahun ini.

Big Hit & CJ E&M melalui ‘Belief’ ini akan berusaha mengombinasikan kekuatan masing-masing dan mengukir sejarah dalam industri musik Korea Selatan.

‘Belief’ rencananya akan hadir dalam format program audisi global untuk menemukan bakat di seluruh dunia. Tidak seperti Produce 101 yang pesertanya berasal dari agensi-agensi kecil, program dari ‘Belief’ akan mengundang mereka yang tidak tergabung dalam firma tertentu sehingga pemenang akan menandatangani kontrak dengan perusahaan. Pemenang akan debut entah sebagai grup maupun sebagai solois. (Lin)

(way)