Hard News

Ratusan Pekerja Bersih-bersih Terminal Tirtonadi

Jateng & DIY

01 Agustus 2018 20:31 WIB

Pekerja di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta kompak membersihkan aspal jalan di area dalam terminal dari kotoran-kotoran, Rabu (1/8/2018). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Lebih kurang 150 orang yang tergabung dalam beberapa komunitas pekerja melakukan aksi bersih-bersih Terminal Tirtonadi, pada Rabu (1/8/2018). Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kenyamanan pengunjung dan rasa memiliki Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta sebagai rumah sendiri (Hardabeni).

“Ini bentuk kepedulian dan rasa syukur terima kasih kami atas kesempatan bekerja di sini (Terminal Tirtonadi, red) sehingga bisa menafkahi keluarga kami,” ujar Narto, Ketua Porter Angkutan Siang Terminal Tirtonadi.



Narto menuturkan, beberapa komunitas pekerja yang turut serta dalam kegiatan bersih-bersih terminal ini antara lain komunitas sopir taksi, ojek, becak, hingga porter yang beroperasi di sekitar terminal. Selain itu, sejumlah pegawai terminal juga terlihat melakukan bersih-bersih.

“Kegiatan ini pertama kalinya kami lakukan menjadi sebuah bentuk pelayanan kami terhadap terminal yang kami anggap sebagai rumah kami sendiri,” ujar Narto.

Adapun kegiatan beraih-bersih terminal dimulai pukul 07.00 WIB yang terbagi di beberapa lokasi sesuai pembagian kerja mereka. Di antaranya, pintu masuk terminal baik di sisi timur, barat, dan selatan, kemudian tempat transit bus dan beberapa bagian dalam terminal seperti loket travel.

Para pekerja itu secara bersama-sama menyapu, mengepel, mengelap pilar-pilar bangunan yang terkena asap bus hingga memangkas tumbuhan-tumbuhan liar. (adr)

(way)