Serba serbi

Begini Cara Membuat YouTube 5 kali Lebih Cepat Tanpa Chrome

Tips & Trik

27 Juli 2018 02:31 WIB

Ilustrasi YouTube (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Google meluncurkan desain YouTube baru hampir setahun lalu. Namun, jika kamu menggunakan Edge, Safari atau Firefox, mungkin akan bertanya-tanya mengapa YouTube memuat (loading) dengan sangat lambat.

Manajer Program Mozilla, Chris Peterson telah menyoroti masalah ini. Dia mengatakan, permasalahan bukan pada browser alternatif yang digunakan. Sejatinya desain ulang Google masih bergantung pada DOM API yang hanya diterapkan di Chrome, membuat browser lain merender YouTube lima kali lebih lambat.



Ini adalah kasus terbaru dari Google membangun dan menyetel layanan webnya, sehingga berfungsi lebih baik atau hanya berfungsi di browser Chrome perusahaan. Google Meet, Allo, YouTube TV, Google Earth dan YouTube Studio Beta semuanya telah memblokir Microsoft Edge di masa lalu.

Demikian pula Google Meet, Google Earth dan YouTube TV semuanya juga telah diblokir jika kamu menggunakan Firefox. Google bahkan memblokir layanan Google Maps-nya di Windows Phone beberapa tahun lalu. Ini adalah masalah berkelanjutan yang berarti Chrome secara perlahan berubah menjadi Internet Explorer 6 berikutnya.

Meskipun YouTube masih berfungsi pada browser non-Chrome, kerapkali bekerja jauh lebih lambat. Ini masalah harian yang membuat kamu mungkin berpikir koneksi internet lambat atau browser rusak.

YouTube juga mendorong pengguna untuk mengunduh dan menginstal Chrome dengan berbagai pemberitahuan pop-up. Jika ini dilakukan, kamu akan melihat YouTube dimuat secara instan. Google dapat memperbarui YouTube untuk menggunakan Polymer 2.0 atau bahkan 3.0, keduanya mendukung API yang tidak digunakan lagi, namun perusahaan telah memutuskan untuk tetap menggunakan Polymer 1.0 keluaran 2015.

Untungnya, ada cara untuk memaksa YouTube kembali ke desain ulang lama dan menghindari masalah pemuatan lambat di browser non-Chrome. Mengembalikan kembali berarti kamu akan kehilangan desain yang diperbarui dan fitur mode gelap di YouTube.

Pengguna Firefox dapat mengunduh ekstensi klasik YouTube untuk memaksa situs dimuat dengan semestinya. Sementara pengguna Safari dan Edge perlu menggunakan skrip pengguna Tampermonkey kustom untuk mendapatkan desain klasik.

(and)