Pend & Budaya

Tangkal Radikalisme di Ranah Kampus, Mahasiswa Baru UKS Bakal Ikuti EDT

Pend & Budaya

26 Juli 2018 14:25 WIB

Gedung kampus Universitas Kristen Surakarta (internet uks.ac.id)

SOLO, solotrust.com- Universitas Kristen Surakarta (UKS) bakal memberikan pemahaman pancasila, kewarganegaraan dan pendidikan agama kepada mahasiwa baru nantinya. Pembekalan itu diberikan dalam masa Eksekutif Development Training (EDT) selama tiga hari berturut-turut.

Seperti disampaikan Rektor UKS, Mardanung Patmo Cahjono kepada solotrust.com, sebelum masa perkuliahan dimulai, mahasiswa baru akan dibekali nilai-nilai ajaran cinta kasih, nasionalisme dan solidaritas.



"Mahasiswa baru UKS nanti kami ajak mengenal kampus dan menanamkan nilai berkebangsaan, selama 3 hari, tetapi tidak menginap, baru hari ketiga nanti ada semacam malam keakraban," ujarnya saat dihubungi Kamis (28/7/2018).

Di samping itu, dikatakan Mardanung, UKS bersama Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Jateng telah sepakat untuk kembali mendalamkan ajaran nilai-nilai damai, kasih dan pluralisme yang disematkan dalam kurikulum pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA atau sederajat.

"Sebenarnya kurikulum itu sudah lama ada, tapi sekarang lebih disemangatkan lagi dengan tinjauan yang lebih mendalam ke dalam konten-konten kurikulum dan bahan ajar di dunia pendidikan," katanya

Menurutnya, potensi radikalisme bukan pada masalah agama, akan tetapi ada pada pribadi orang yang menyikapi ajaran sebuah agama.

"Semua agama pasti mengajarkan cinta kasih, saling menolong, saling membantu, solidaritas, maka dari itu pribadi masing-masing harus dibentengi dengan semangat-semangat itu sejak dini, kalau sudah tertanam radikalisme maupun perilaku kekerasan lainnya tidak akan terjadi," tutur dia. (adr)

(wd)