Hard News

Gerhana Bulan Total 28 Juli, Kemenag Ajak Umat Islam Salat Khusuf

Hard News

26 Juli 2018 03:03 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Gerhana Bulan Total (GBT) atau khusuful qamar diprediksi kembali terjadi pada 28 Juli 2018. Kementerian Agama (Kemenag) pun mengajak umat Islam menggelar salat khusuf.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menjelaskan hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBT ini. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 01:24:27 WIB hingga 05:19:00 WIB.



“Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 03:21:44 WIB dan akhir gerhana bulan total pada pukul 04:13:12 WIB,” ujarnya di Jakarta, Rabu (25/07/2018), dilansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Muhammadiyah Amin mengajak umat Islam melaksanakan salat gerhana atau salat khusuf. Ditjen Bimas Islam telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan shalat gerhana bulan parsial di wilayahnya masing-masing.

“Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” kata dia.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resmi menyampaikan puncak gerhana total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. BMKG rencananya akan menyiarkan fenomena langka ini secara langsung.

(and)

Berita Terkait

Berita Lainnya