Entertainment

Dari 14 Parpol Mendaftar, Hanya Separuh yang Penuhi Kuota Bacaleg di Solo

Entertainment

18 Juli 2018 16:45 WIB

Komisioner Divisi Hukum KPU Surakarta, Nurul Sutarti (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Batas tahapan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (bacaleg) Pemilu 2019 telah rampung pada 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta total menerima 14 parpol.

Dari 14 parpol ada tujuh parpol yang penuhi kuota 45 bacaleg. Tujuh parpol itu meliputi PKS, Nasdem, PDIP, PPP, Gerindra, PAN, dan Hanura.



"Sedangkan, Golkar 41 orang, Partai Demokrat 37 orang, PSI 23 orang, Perindo 25 orang, PBB 20 orang, PKB 17 orang, dan Partai Berkarya lima orang," terang Komisioner Divisi Hukum KPU Surakarta, Nurul Sutarti saat ditemui di kantornya, Rabu (18/7/2018).

Berdasarkan data parpol pendaftar, Partai Berkarya merupakan parpol dengan jumlah bacaleg paling sedikit. Partai baru itu hanya mendaftarkan lima orang bacaleg. Selain itu juga menjadi partai terakhir yang mendaftar.

"Partai Berkarya menjadi parpol terakhir yang mendaftar kemarin datang pukul 23.30, dan kita baru saja menyelesaikan proses pendaftaran pukul 10.15 tadi. Mereka hanya mendaftar di Dapil 1 dan Dapil 2," ujarnya.

Selanjutnya, dikatakan Nurul, KPU Surakarta akan mengumumkan hasil verifikasi pada 21 Juli 2018 mendatang. Setelah itu, parpol akan diminta memperbaiki berkas jika ada kekurangan atau kesalahan.

"Kekurangan berkas yang terjadi biasanya pada syarat legalisir ijazahnya kurang, surat kesehatan yang sudah membuat tapi belum jadi juga ada, ada juga yang bawa fotokopi, padahal yang diminta asli. Itu kita minta perbaiki nanti," ucap Nurul. (adr)

(way)