Serba serbi

Tak Ada Pemain Prancis dalam Skuat Terbaik Piala Dunia 2018

Olahraga

18 Juli 2018 23:01 WIB

Pemain Kolombia Yerry Mina (The Sun)

SOLO, solotrust.com – Pergelaran Piala Dunia 2018 telah usai dengan Prancis keluar sebagai juaranya. Namun uniknya, tak ada satu pun pemain Prancis yang masuk ke dalam skuat terbaik Piala Dunia jika ditentukan oleh statistik.

Menurut WhoScored, basis data statistik sepak bola, tidak ada pemain Prancis yang cukup secara statistik untuk mendapatkan tempat di XI.



Bahkan Kylian Mbappe yang meraih predikat pemain muda terbaik di turnamen ini, tidak masuk ke dalam list.

Melansir The Sun, dengan menggunakan algoritma rumit dan terperinci, WhoScored telah mengumpulkan peringkat rata-rata setiap pemain yang telah tampil di seluruh turnamen. Lebih dari 200 statistik mentah disatukan untuk menciptakan peringkat.

Bisa jadi ini merupakan skuat kejutan di mana tak banyak nama-nama besar masuk ke dalamnya.

GK: Kasper Schmeichel (Denmark)

Penjaga gawang Leicester United inimembuat penyelamatan heroik saat timnya melawan Kroasia di babak 16 besar, meskipun itu tidak cukup untuk membuat Denmark lolos. Schmeichel menghentikan tendangan penalti Luka Modric di akhir perpanjangan waktu, sebelum menghentikan penalti lain dalam babak adu penalti. Dia juga menyimpan dua clean sheet di babak grup, termasuk satu melawan Prancis.

RB: Mario Fernandes (Russia)

Fernandes mencetak gol untuk Rusia di perempat final saat timnya kalah dari Kroasia. Full-back ini sebenarnya lahir di Brasil dan bahkan memainkan satu pertandingan internasional untuk Brasil. Jika saja di lebih fasih dalam berbahasa Rusia, bukan tidak mungkin komunikasinya akan lebih baik dan meningkatkan kemampuan kerja sama timnya.

CB: Yerry Mina (Kolombia)

Meski tidak menjadi pilihan utama di klubnya, Barcelona, namun Yerry Mina menunjukan kualitasnya di panggung Piala Dunia. Dengan tiga gol, ia adalah bek paling produktif dalam kompetisi.

CB: Andreas Granqvist (Swedia)

Swedia menjadi tim yang tampil apik selama gelaran Piala Dunia 2018. Salah satunya adalah di lini pertahanan, di mana Andreas Granqvist mampu menjaga garis belakang timnya tampil cukup apik.

LB: Marcelo (Brasil)

Pemain Real Madrid ini tidak diragukan lagi sebagai bek kiri terbaik saat ini. Daya jelajahnya, baik saat bertahan dan menyerang, bisa menyeimbangkan permainan tim.

RM: Kieran Trippier (Inggris)

Trippier sebenarnya bukan gelandang, tetapi peran bek sayap dengan kreativitas, energi, dan statistiknya membuatnya mendapatkan tempat di lini tengah di skuat terbaik ini. Tendangan bebas di semifinal melawan Kroasia tidak diragukan lagi membantu timnya. Bintang Tottenham ini adalah salah satu pemain terbaik Inggris.

CM: Kevin De Bruyne (Belgia)

Dia berada di lini vital Belgia sepanjang turnamen. Bermain di lini tengah, membantu mengalirkan bola ke Hazard maupun Lukaku. Ia juga mencetak gol yang menakjubkan melawan Brasil di perempat final.

CM: Luka Modric (Kroasia)

Penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2018 selaras dengan raihan statistiknya sepanjang turnamen. Pemain 33 tahun itu masih memiliki tingkat energi yang sangat mengagumkan.

LM: Neymar (Brasil)

Kualitas skill yang ia peragakan selama turnamen membuat WhoScored menempatkan dirinya di skuat terbaik. Sayangnya, penampilannya sedikit membuat heboh dengan aktingnya saat dilanggar.

ST: Harry Kane (Inggris)

Pencetak gol terbanyak kompetisi mendapat tempatnya di skuat terbaik. Meskipun di antaranya ia cetak dari titik putih, namun bisa dibilang ini adalah turnamen pertama yang bagus untuk dirinya.

ST: Eden Hazard (Belgia)

Penampilan impresifnya kala Belgia menghancurkan Brasil cukup membuatnya menjadi yang terbaik di Belgia. Ia juga dinobatkan meraih penghargaan Adidas Silver Ball Award.

(way)