Serba serbi

10 Lagu Ini Iringi Momen-momen Kemenangan Selama Piala Dunia 2018

Olahraga

18 Juli 2018 18:04 WIB

Para pemain nasional Prancis menyanyikan lagu kebangsaan mereka ‘La Marseillaise’ sebelum bertanding dengan Kroasia dimulai (Dok Getty Images).

Solotrust.com –Selama satu bulan kemarin, publik global telah menikmati ajang pertandingan sepakbola terbesar di dunia yakni Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Untuk merayakan euforianya, musik ternyata menjadi salah satu sarana yang digunakan oleh para pecinta sepakbola.

Berdasarkan data dari Spotify, lagu-lagu sepakbola yang menjadi favorit di suatu negara atau anthem baik yang resmi maupun tidak resmi dari negara tersebut naik dalam hal jumlah streamingdalam momen-momen kemenangan selama Piala Dunia 2018.



Ya, ternyata para penggemar musik pun ramai mendengarkan musik yang mereka anggap merefleksikan momen sukacita ketika tim dari negara mereka memperoleh kemenangan.

Nah, inilah 10 momen seru bagaimana musik mewarnai euforia kemenangan selama Piala Dunia 2018sebagaimana dilansir dari Billboard.

  1. 15 Juni.Kendati saat itu Spanyol vs Portugal bermain imbang 3:3, namun lagu ‘La Roja Baila’ (The Red Dance) yang dinyanyikan penyanyi Spanyol Nina Pastori dan pemain bola profesional Sergio Ramos menunjukkan kenaikan streaming sebanyak 43% segera setelah pertandingan usai. Lagu tersebut diketahui juga merupakan anthem timnas Spanyol untuk Euro Cup 2016.
  2. 16 Juni:Saat itu, Islandia yang baru pertama kali bermain dalam Piala Dunia berhasil memperoleh skor 1-1 melawan Argentina. Kiper Hannes Halldorsson berhasil menyelamatkan gawang dari tendangan Lionel Messi. Momen tersebut pun membuat lagu berjudul ‘Eg Er Kominn Heim’ (I’ve Come Home) yang merupakan lagu sepakbola favorit di Islandia ramai diputar di Spotify.
  3. 18 Juni.Kemenangan Meksiko atas Jerman dengan skor 1-0 saat itu membuat fans ramai mendengarkan lagu berjudul ‘Cielito Lindo’ (Lovely Sweet One). Lagu tersebut adalah lagu daerah yang populer dan juga anthem sepakbola nonresmi dari Meksiko.
  4. 26 Juni. Argentina berhasil mengalahkan Nigeria 2:1 lewat gol dari Lionel Messi dan Marcos Rojo kala itu. Untuk merayakannya, penggemar sepakbola pun ramai mendengarkan lagu dari El Pepo berjudul ‘Hoy Aca en el Baile’ (Here Today at the Club).
  5. 28 Juni. Untuk merayakankemenangan Korea Selatan atas Jerman yang membuat Meksiko akhirnya melaju ke babak selanjutnya, orang Meksiko banyak memutar lagu ‘Gangnam Style’ dari PSY. Lagu tersebut diketahui menjadi hits secara internasional dan sudah  ditonton lebih dari 3 milyar kali di Youtube.
  6. 3 Juli. Untuk merayakan kemenangan Inggris atas  Kolombia saat itu, para fans sepakbola asal Inggris pun ramai memutar lagu ‘Three Lions’ yang merupakan anthem sepakbola tahun 1996 yang dinyanyikan oleh The Lightning Seeds. Lagu tersebut diketahui distreaming sampai lebih dari 450.000 kali.
  7. 3 Juli.Untuk merayakan keberhasilan Swedia yang lolos babak perempat final pertamanya dalam 24 tahun terakhir sejak 1994, sebuah lagu nostalgia berjudul ‘Nar vi graver guld I USA’ (When We Dig for Gold in the USA) pun ramai diputar di Spotify.
  8. 6 Juli.Kemenangan Belgia atas Brazil dengan skor 2:1 kala itu membuat orang Belgia merayakannya dengan memutar anthem kemenangan dari Queen yakni ‘We Are The Champions’. Permintaan Streamingdiketahui meningkat menjadi 289% setelah pertandingan.
  9. 10 Juli. Kemenangan Prancis atas Belgia dalam babak semifinal saat itu membuat publik mereka merayakannya dengan lagu dari Gloria Gaynor berjudul ‘I Will Survive’ (1978). Streaming untuk lagu ini naik 800% setelah Prancis menang.
  10. 15 Juli. Berhasilmenjadi juara Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kroasia dengan skor 4:2, Prancis kembali merayakannya dengan memutar lagu ‘I Will Survive’. Jika pada tanggal 10 Juli permintan streamingnya naik 800%, maka di hari kemenangan itu permintaan streaming naik sampai 2066%. Selain itu, lagu nasional Prancis yakni ‘La Marseillaise’ pun permintaan streamingnya naik sebanyak 991%.

Nah, itulah 10 momen seru dimana negara-negara merayakan momen kemenangan negaranya selama Piala Dunia 2018. (Lin)

(wd)