Hard News

Gempa Bumi Tektonik Guncang Lombok Tengah

Hard News

13 Juli 2018 15:35 WIB

Wilayah Lombok Tengah diguncang gempa bumi tektonik pada Jumat (13/07/2018) pukul13:36:49 WITA (Instagram BMKG)

LOMBOK, solotrust.com - Wilayah Lombok Tengah diguncang gempa bumi tektonik pada Jumat (13/07/2018) pukul 13:36:49 WITA. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada kordinat 8,98 LS dan 116,22 BT atau tepatnya pada jarak 32 km arah Barat Daya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 79 km.

Melalui akun Instagram resmi BMKG, Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, menyampaikan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan wilayah Lombok Tengah mengalami guncangan dalam skala intensitas I SIG (I-II MMI). Di daerah ini guncangan gempa dirasakan beberapa orang. Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.



“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” jelasnya.

Adapun hingga pukul 14:05 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Masyarakat di wilayah Lombok Tengah diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(and)

Berita Terkait

Berita Lainnya