Sabtu , 21 Juli 2018

Kalahkan Inggris, Kroasia Tunjukan Mental Juara

12 Juli 2018 09:32 WIB


Pemain Kroasia merayakan kemenangannya atas Inggris di babak semifinal. Kroasia akan menantang Prancis di laga puncak Piala Dunia 2018, 15 Juli mendatang. (Dok FIFA)

MOSCOW, solotrust.com - Kroasia sekali lagi menunjukan mental sebagai calon kuat juara. Sempat tertinggal lebih dahulu, skuat asuhan Zlatko Dalic berhasil mengalahkan Inggris di babak semifinal Piala Dunia 2018, di Luzhniki Stadium Moscow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Gol kemengan Kroasia dicetak pada babak perpanjangan waktu. Yang mana ini berarti untuk ketiga kalinya berturut-turut Luka Modric dkk bermain lebih dari 90 menit waktu normal.



Zlatko Dalic memuji mental pemainnya yang pantang menyerah meski sempat tertinggal terlebih dahulu. Dia mengaku, para pemainnya bahkan tak ingin diganti meski pertandingan sudah lebih dari waktu normal.

"Apa yang ditunjukan para pemain kami hari ini, kekuatan yang mereka tunjukan, stamina, tingkat energi. Saya ingin mengganti tapi tidak ada yang ingin digantikan, semua orang terus mengatakan 'saya siap, saya siap berlari'," katanya dalam jumpa pers usai laga, dilansir laman FIFA.

"Tidak ada yang ingin digantikan dan ini menunjukan karakter yang membuat saya bangga. Tidak ada yang menyerah," sambungnya.

Sementara Pelatih Inggris Gareth Southgate sangat menyesali kekalahan ini. Skuatnya gagal mempertahankan keunggulan di paruh pertama, hingga akhirnya berbalik tertinggal.

Meski kalah, ia menilai ini merupakan momen tepat bagi negaranya untuk lebih maju di tahun mendatang.

"Saya pikir reaksi para pendukung, dibanding dengan dua tahun lalu, memberi tahu mereka bahwa, pertama dan terutama, pengalaman dengan Inggris bisa positif, negara sangat bangga dengan cara bermain mereka dan akan ada saatnya menjadi banyak hal positif untuk diambil," terangnya mencoba kuat.

Jalannya Pertandingan

Secara permainan, Inggris sebenarnya tidak kalah jauh dari Kroasia. Permainan dimulai dengan apik oleh The Three Lions. Baru lima menit laga berjalan, Kieran Trippier berhasil mengoyak gawang Kroasia lewat tendangan bebasnya.

Usai gol tersebut, Inggris seolah berada di atas angin. Keunggulan mereka bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Namun perlawanan Kroasia meningkat di babak kedua. Hasilnya, Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-68. Melalui umpan silang Sime Vrsaljko, Perisic tiba-tiba menyelinap di area pertahanan Inggris lalu menendang bola yang tak bisa dihalau kiper Jordan Pickford.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal. Di babak tambahan, baik Inggris dan Kroasia sama-sama bermain menyerang.

Namun pemain Kroasia lebih jeli melihat lubang pertahanan Inggris. Babak tambahan paruh kedua berjalan empat menit, Mario Mandzukic berhasil mencetak gol kemenangan. Dia muncul secara tak terduga dari penjagaan tiga bek Inggris. (way)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »