Pend & Budaya

Grebeg Hari Koperasi Berlangsung Meriah, Masyarakat Hingga Tumpah ke Jalan

Budaya

7 Juli 2018 22:33 WIB

Masyarakat berebut gunungan hasil bumi. (dok/humas pemprov jateng)

PEMALANG, solotrust.com- Kemeriahan Grebeg Hari Koperasi Ke-71 Tahun 2018 bertajuk “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional” digelar hari ini, Sabtu (7/7/2018). Dentuman musik drum band, perkusi dan delman hias memeriah Taman Pakis, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pemalang.  

Sepanjang jalan yang dilalui oleh arak-arakan penuh sesak oleh warga yang ingin melihat. Suasana grebeg semakin meriah ketika arak-arakan tiba di alun-alun. Di tempat itu satu per- satu kesenian daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah ditampilkan, beserta gunungan hasil bumi masing-masing. Seperti kesenian reog dari Kabupaten Wonogiri hingga gunungan nanas madu sebagai komoditas unggulan Kabupaten Pemalang.



Salah seorang warga Ratna mengatakan, mereka berhasil memeroleh komoditas unggulan dari beberapa gunungan hasil bumi, meski harus berdesak-desakan dengan warga lain.

“Ramai sekali, semuanya berebut ingin dapat gunungan. Saya dapat cabai, bawang merah, dan cemilan,” ujarnya seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, ia merasa senang pelaksaaan Grebeg Hari Koperasi berlangsung meriah. Masyarakat tidak hanya dapat menyaksikan kesenian daerah masing-masing kabupaten/ kota, namun juga bersemangat untuk ngalap berkah dari gunungan hasil bumi.

“Ini kali kedua dilaksanakan Grebeg Hari Koperasi. Yang di Kabupaten Pemalang ini luar biasa meriahnya. Masyarakat sudah lebih kreatif bukan untuk berebut, tetapi untuk mendapatkan gunungan yang berkah,” ujarnya.

(wd)