Hard News

Steve Ditko, Salah Satu Pencipta Karakter Spider-Man Meninggal Dunia

Hard News

7 Juli 2018 16:35 WIB

Steve Ditko, salah satu pencipta karakter Spide-Man meninggal pada usia 90 tahun (Dok. Marvel Comics).

SOLO, solotrust.com – Steve Ditko, seorang seniman komik dan salah satu pencipta karakter dalam komik legendaris Spider-Man diketahui telah meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Sebagaimana diberitakan Variety, Sabtu (7/7/2018), pihak kepolisian dari The New York Police Department mengkonfirmasi bahwa Ditko meninggal dunia di apartemennya di Manhattan  pada 29 Juni lalu. Kendati demikian, berita perihal kematiannya baru terang pada Jumat kemarin.



Lahir pada tahun 1927 di Johnstown, Pennsylvania, Ditko mengenal komik di surat kabar dalam usia yang masih sangat muda. Ia jatuh cinta pada dunia komik ketika edisi perdana karakter Batman rilis. Setelah lulus SMA pada tahun 1945, Ditko terdaftar dalam pasukan angkatan darat Amerika Serikat dimana dia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dunia komik. Ya, ia menggambar komik strip untuk koran ketentaraan kala itu.

Setelah kepulangannya sebagai tentara, ia pun belajar di bawah seniman komik Batman yakni Jerry Robinson pada tahun 1950 di Kota Newyork. Melalui bimbingan Robinson, Ditko kemudian bertemu dengan Stan Lee, yang kelak menjadi pemimpin redaksi dan CEO dari Marvel Comics. Ditko kemudian menjadi salah satu orang yang bergabung dengan tim seniman Marvel di awal keberadaannya.

Ditko berperan dalam menciptakan karakter Spider-Man seperti dalam hal kostum Spider-Man, dengan skema warna merah birunya. Karakter tersebut debut pada tahun 1952 di Amazing Fantasy #15 dan menjadi sangat populer. Pada tahun 1963, Marvel meluncurkan ‘Amazing Spider-Man’ yang merupakan seri pertama dari komik Spider-Man. Hingga saat ini, Spider-Man adalah salah satu komik pahlawan super paling populer dengan menghasilkan lebih dari 360 juta Dollar (sekitar 4,3 Triliun) sejak debutnya.

Ditko sendiri diketahui menjaga kehidupan pribadinya dengan menolak untuk kegiatan wawancara atau tampil di publik. Ditko lebih memilih untuk sendiri dengan pekerjaannya. (Lin)

(wd)