Hard News

Tarian dari NTT Ini Bakal Tampil di Pembukaan Asian Games 2018

Hard News

6 Juli 2018 07:03 WIB

Tarian Likurai yang dibawakan secara kolosal oleh 6.000 penari di Bukit Fulan Fehan, NTT, Oktober 2017. (Dok MURI)

SOLO, solotrust.com – Likurai merupakan tarian tradisional dari beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur akan tampil di pembukaan Asian Games 2018. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu.

“Yang jelas, kita juga mendapat kehormatan. Karena Tarian Likurai bisa tampil di acara pembukaan Asian Games,” katanya, dilansir laman kemenpar.go.id, Kamis (5/7/2018).



Likurai merupakan tarian tradisional dari beberapa wilayah di NTT seperti Kabupaten Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, bahkan beberapa distrik di Timor Leste. Pamor tarian ini melejit, apalagi sukses memecahkan rekor MURI pada Oktober 2017. Pujian ini diberikan setelah Likurai dibawakan secara kolosal oleh 6.000 penari di Bukit Fulan Fehan, NTT.

Menyambut pembukaan Asian Games 2018, para penari Likurai telah disiapkan sematang mungkin. Berbagai pelatihan telah dilakukan seperti pemantapan gerakan hingga kekompakan tarian.

Rencananya, sebanyak 25 penari akan bertolak menuju Jakarta untuk menjalani pemusatan latihan hari ini (6/7/2018). “Setelah menjalani latihan di daerah, mereka akan ke Jakarta. Para penari ini nantinya akan mengikuti latihan besar terkait acara pembukaan Asian Games,” jelas Marius.

Tampilnya Tarian Likurai di pembukaan Asian Games sekaligus menjadi ajang promosi kepada banyak orang. Sebab, Festival Likurai akan digelar digelar di Bukit Fulan Fehan pada Oktober mendatang. Jadwal tersebut mundur dari yang sebelumnya 24-28 Juli karena bersamaan dengan momen Asian Games.

(way)