Pend & Budaya

Universitas di Jepang Luncurkan Robot yang Bisa Jadi Sepeda

Pend & Budaya

5 Juli 2018 21:04 WIB

Robot CanguRo sedang membawa seseorang dengan “ride mode” atau mode berkendara (Dok The Yomiuri Shimbun)

SOLO, solotrust.com – Chiba Institute of Technology di Jepang baru saja meluncurkan robot bernama CanguRo yang dapat bergerak seperti halnya sepeda.

Dilansir dari The Yomiuri Shimbun, Kamis (5/7/2018), pengembang mengatakan akan memanfaatkan robot ini di pusat perbelanjaan dan lokasi konstruksi di sekitar tahun 2020 mendatang.



CanguRo yang berbobot 6,4 kg ini pertama kali ditampilkan kepada media Rabu kemarin. Ia memiliki dua roda depan dan satu roda belakang. Sebuah batang panjang yang sedikit melengkung naik dari bagian belakang dan meluas ke depan seperti leher jerapah. Sepasang setang di ujung lehernya terlihat  menyerupai telinga jerapah.

Sebuah perangkat laser dan kamera yang dipasang di kepalanya memungkinkan robot ini untuk mengenali sekitarnya, sehingga dapat bergerak secara mandiri sambil menghindari rintangan.

Yang lebih menarik, CanguRo ini juga dapat membawa tas dalam perjalanan belanja atau menjemput orang, seperti seorang rekan bagi manusia.

Ketika penggunanya mengalihkan ke “ride mode” atau mode berkendara, CanguRo berubah menjadi kendaraan mirip sepeda motor mini dengan melebarkan roda depannya dan memunculkan pelana dari belakang lehernya. Dengan mode ini, ia dapat berjalan sekitar 15 kph dengan membawa satu orang.

Ke depan, mereka berencana untuk menambahkan fungsi kepada CanguRo untuk bisa berkomunikasi dengan manusia.

“Kami ingin menciptakan hubungan baru antara manusia dan kendaraan,” kata pengembang, Takayuki Furuta, general manager dari Future Robotics Techonology Center di universitas tersebut. (Lin)

(way)