Pend & Budaya

10 Universitas Terbaik di Asia Tahun 2018

Pend & Budaya

04 Juli 2018 08:02 WIB

Universitas Tokyo, Jepang (Dok tgu.mext.go.jp)

SOLO, solotrust.com – Sebanyak 1.000 universitas terbaik di dunia kembali dibuat ranking oleh Pusat Peringkat Universitas Dunia atau Center for World University Ranking (CWUR) tahun ini. 

Berdasarkan daftar yang dirilis CWUR via laman resminya, Universitas Harvard di Amerika Serikat berhasil menempati peringkat pertama.



Dalam 10 besar, delapan di antaranya ditempati oleh universitas dari Amerika Serikat yakni Harvard University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology University, University of California Berkeley, Princeton University, Columbia University, California Institute of Technology, dan University of Chicago.

Sedangkan dua posisi lain ditempati oleh dua universitas asal Inggris yakni University Of Cambridge dan University of Oxford.

Lalu, bagaimana dengan universitas yang ada di Asia? Universitas Tokyo di Jepang ternyata berhasil menduduki peringkat paling tinggi dalam daftar ini yakni di peringkat 12. Selain itu, empat universitas lain asal Jepang juga berhasil menjadi universitas-universitas terbaik dari Asia tahun ini.

Nah, berikut 10 besar universitas terbaik di Asia tahun 2018

  1. University of Tokyo (Jepang) – peringkat 12
  2. Kyoto University (Jepang) – peringkat 26
  3. Osaka University (Jepang) – peringkat 53
  4. Seoul National University (Korea Selatan) – peringkat 60
  5. Peking University (China) – peringkat 92
  6. Tsinghua University (China) – peringkat 98
  7. National University of Singapore (Singapura) – peringkat 103
  8. National Taiwan University (Taiwan) – peringkat 109
  9. Nagoya University (Jepang) – peringkat 113
  10. Tohoku Univesity (Jepang) – peringkat 120

Didirikan sejak tahun 1877, Universitas Tokyo adalah salah satu universitas paling prestisius di Jepang. Universitas ini telah menghasilkan sejumlah tokoh penting. 15 perdana menteri Jepang diketahui pernah menimba ilmu di sini dan 12 alumninya pernah menerima hadiah nobel dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, obat, dan sastra.

Sekadar informasi, ranking CWUR ini didasarkan pada tujuh faktor yang tidak bergantung pada survei maupun data yang diberikan universitas yakni kualitas pengajaran, pekerjaan para alumni, kualitas fakultas, hasil penelitian, kualitas publikasi, pengaruh dan kutipan.

CWUR adalah organisasi konsultan terkemuka yang memberikan saran kebijakan, wawasan strategis, dan layanan konsultasi kepada pemerintah dan universitas untuk meningkatkan hasil dari pendidikan dan penelitian.

Beroperasi sejak tahun 2012 di Jeddah, Saudi Arabia, CWUR bertujuan untuk memberi peringkat 100 universitas terbaik di dunia. Karena banyaknya permintaan untuk memperluasnya, pada tahun 2014 daftar pun diperluas menjadi 1.000 daftar. Sejak tahun 2016, markas CWUR berada di Uni Emirat Arab. (Lin)

(way)