Hard News

Sudirman Ajak Relawan Dokumentasikan Kejanggalan di Pilgub Jateng

Hard News

28 Juni 2018 20:11 WIB

Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Sudirman Said saat penyampaian sikap terkait hasil penghitungan cepat pada Rabu (27/6/2018) malam di Semarang. (solotrust-vita)

SEMARANG, solotrust.com – Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Sudirman Said mengajak para relawannya untuk aktif mendokumentasikan kejanggalan-kejanggalan yang mungkin terjadi selama proses Pilgub Jateng 2018.

Dalam penyampaian sikap terkait hasil penghitungan cepat pada Rabu (27/6/2018) malam di Semarang, dengan didampingi calon wakil gubernurnya Ida Fauziyah dan ketua partai pengusung, Sudirman mengatakan ingin menjaga proses demokrasi di Jateng tetap berjalan baik.



Untuk itu dirinya berharap para relawan yang sebagian merupakan advokat, untuk sama-sama mengumpulkan kejanggalan maupun pelanggaran jika benar terjadi selama proses pencoblosan.

“Atas nama kualitas demokrasi dan menjaga demokrasi, kita ingin juga relawan kita yang sebagian dipimpin oleh tim advokasi untuk mendokumentasikan, mengumpulkan seluruh kejanggalan-kejanggalan, seluruh pelanggaran-pelanggaran apabila ada yang ditemui di level mana pun,” katanya.

“Kembali bukan untuk apa-apa, tapi untuk menjaga supaya demokrasi kita bermutu tinggi,” imbuh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral kabinet Jokowi tersebut.

Sementara itu terkait hasil hitung cepat di beberapa lembaga survei, Sudirman memberikan apresiasi sebab elektabilitasnya melesat tajam hingga angka 40%. Namun dia bersama timnya tetap akan menunggu hasil rekapitulasi suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng.

“Kita akan selesaikan proses ini sampai tuntas, kita akan ikuti seluruh proses, kita akan hormati seluruh proses, sampai nanti pada waktunya KPU Jawa Tengah mengatakan Pilkada selesai hasilnya sekian dan di situlah kita bisa mengatakan sikap resmi,” tuturnya. (vita)

(way)