Hard News

3.105 Pemudik Gratis Kemenhub Kembali ke Jakarta

Jateng & DIY

22 Juni 2018 15:03 WIB

Bus program mudik gratis Kemenhub saat berangkat ke Jakarta dari Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jumat (22/6/2018). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Ribuan peserta program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berangkat kembali ke Jakarta dari Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jumat (22/6/2018) pagi.

Kasubdit Angkutan Barang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Deny kusdyana menjelaskan, ada sebanyak 3.105 penumpang mudik gratis berangkat dengan menggunakan 69 armada bus.



Selain itu dikatakan Deny, pemberangkatan arus balik program mudik gratis dengan bus Kemenhub dilakukan secara serentak di empat titik Jateng dan DIY.

"Keseluruhan ada 162 bus diberangkatkan dari empat titik. Di antaranya Semarang, Purwokerto, Jogja, dan di Solo paling banyak dengan memberangkatkan 69 bus," terang Deny kepada solotrust.com usai seremonial.

Selain bus, pihaknya juga memberangkatkan tiga kapal penyeberangan dari tiga titik yakni di Semarang, Surabaya, dan Lampung.

Pantauan solotrust.com, ribuan peserta mudik gratis itu telah berdatangan sejak Jumat pagi. Para pemudik yang hendak balik ke Jakarta itu menunggu giliran bus yang ditumpanginya untuk diberangkatkan.

Pemberangkatan bus arus balik Lebaran di terminal ini dilakukan secara seremonial disertai dengan suguhan hiburan musik. Hal itu dimaksudkan untuk menghibur para pengemudi bus maupun para pemudik yang sedang menunggu giliran diberangkatkan ke Jakarta agar tidak jenuh.

Di samping itu, Deny menjelaskan untuk sepeda motor para penumpang program mudik gratis sudah diberangkatkan sejak Rabu dan Kamis (21-22/6/2018). Pihaknya telah memberangkatkan sebanyak 492 motor dengan menggunakan 12 truk menuju Jakarta.

"Untuk sepeda motor memang tidak sesuai dengan data awal sebanyak 504 motor, kemungkinan karena ada yang pulang ke Jakarta menggunakan sepeda motor atau bisa juga sepeda motornya ditinggal di sini, sedangkan ratusan sepeda motor yang telah berangkat itu akan kami drop di kawasan Taman Mini Indonesia Indah," urainya.

Deny menambahkan, program mudik gratis Kemenhub diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya pada masa-masa arus mudik dan balik Lebaran.

Sementara itu, salah seorang pemudik bernama Ari (29) yang berasal dari Wonogiri mengaku hendak pulang ke Jakarta untuk segera kembali bekerja.

Ia merasa senang dengan adanya program mudik gratis dari Kemenhub. Tahun ini merupakan tahun pertama dia mudik menggunakan fasilitas program mudik gratis Kemenhub ini.

"Sangat membantu saya dalam mudik Lebaran, biasanya pakai sepeda motor, capek, ribet, dan bahaya juga di jalan, semoga tahun depan selalu diadakan program mudik gratis, saya pasti akan ikut lagi," kata Ari sebelum menaiki bus. (adr)

(way)