Entertainment

Dandim Bersama Masyarakat, Panen Raya Demlot Kodim 0716/Demak

TNI / Polri

22 Juni 2018 05:10 WIB

Panen padi masyarakat bersama Kodim 0716/Demak.


DEMAK, solotrust.com - Hasil penamanam bibit yang dilakukan Kodim 0716/Demak di Demplot Padi Sawah yang bekerjasama dengan petani Desa Kuwu menuai hasil. Demplot padi/sawah percontohan ini berada di Desa Kuwu, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.



Dandim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto melakukan panen raya di demplot padi seluas 2 hektar, Kamis (21/6/2018).

Selain Dandim 0716/Denak Letkol Inf Abi Kusnianto,  juga hadir para Perwira Staf dan Danramil di jajaran Kodim 0716/Demak dengan didampingi tim dari Anak Tani Lumbung, para Kades dan Gapoktan Desa Kuwu serta puluhan petani .

Dalam kesempatan itu Dandim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan,  bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal. TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.

Luas lahan 2 hektar ini menjadi lahan uji coba,percontohan bibit padi berkualitas, dia berharap, nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi.

Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis L-58 cantik aromatik dan ciherang karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain.

Untuk bibit L-58 cantik aromatik, sudah terbukti memiliki batang yang lebih kokoh, anakan yang banyak serta tahan terhadap serangan hama dan bulir padi lebih banyak. Keunggulan lainnya, beras dari bibit L-58 tersebut lebih pulen dan wangi dibandingkan bibit lainnya.

“TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak," ungkap Dandim.

Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia. Penanaman demplot padi sawah wilayah Kodim 0716/Demak membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.

“Tugas tambahan yang diemban prajurit TNI bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan,seperti diamanahkan Presiden Bapak Joko Widodo," ujarnya.

(wd)