Hard News

Layanan Angkutan Lebaran, Airport Helper Siap Bantu Kenyamanan Pemudik

Hard News

20 Juni 2018 02:31 WIB

Ilustrasi suasana bandara (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com – Menghadapi momen angkutan Lebaran, airport helper telah dipersiapkan guna memberi pelayanan optimal kepada konsumen pengguna jasa kebandarudaraan. Tak kurang dari 538 airport helper telah disiapkan Angkasa Pura II.

Mereka tersebar di seluruh Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, ditempatkan pada beberapa titik penurunan serta penjemputan penumpang.



President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan perseroan selalu melakukan evaluasi secara berkala terkait produk pelayanan, termasuk airport helper. Khususnya pada momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Angkasa Pura telah menyebar petugas airport helper di masing-masing terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Husein Sastranegara.

“Dengan rincian Terminal 1 CGK sebanyak 136 helper, Terminal 2 CGK sebanyak 199 helper, Terminal 3 CGK sebanyak 171 helper dan Terminal BDO sebanyak 32 helper . Jumlah petugas saat ini diharapkan mampu memberikan kelancaran arus mudik Lebaran di bandara,” ungkapnya, dilansir dari laman resmi PT Angkasa Pura II, angkasapura2.co.id, Selasa (19/06/2018).

Sementara guna lebih meningkatkan performansi dari masing-masing airport helper, AP II juga membekali OTHON (Operation Terminal Helper on Network), aplikasi khusus untuk memantau kinerja di lapangan. Aplikasi ini digunakan untuk mengevaluasi dan menilai masing-masing airport helper yang sedang bertugas.

Disamping itu, melalui OTHON supervisor airport helper juga dapat mengidentifikasi kepadatan penumpang dan mengetahui titik-titik lokasi membutuhkan pelayanan. Hal ini mampu memberikan efisiensi kerja dan ketepatan distribusi airport helper di lapangan.

Layanan airport helper ini akan diimplementasikan juga di seluruh cabang AP II dan nantinya dikembangkan menjadi layanan integrated passenger service. Ke depan, airport helper akan dibagi menjadi dua kategori, on request dan without request.

Adapun untuk kategori on request, airport helper akan dapat dipesan dari Indonesia Airport Apps, sehingga penumpang dapat merencanakan untuk bisa menggunakan layanan ini sebelum tiba di bandara. AP II selalu berinovasi untuk terus memberikan pelayanan prima bagi pelanggan.

(and)