Hard News

Polri Siapkan Solusi Ideal Urai Kepadatan Arus Balik

Hard News

19 Juni 2018 23:58 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto (dua dari kiri) dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa (dua dari kanan) (Dok Tribrata News Polri)

SOLO, solotrust.com – Peningkatan kendaraan pada arus balik Lebaran sudah mulai terlihat di beberapa titik. Untuk mengurainya agar tidak menimbulkan kemacetan, Polri mengaku telah menyiapkan beberapa solusi yang disebut paling ideal.

Melalui Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto usai Rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan arus balik Operasi Ketupat Lodaya 2018 di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018) mengatakan, ada dua kebijakan yang disiapkan untuk mengurai arus balik Lebaran.



“Polri sudah menyiapkan dua kebijakan diskresi Kepolisian yakni, contra flow atau lawan arah dan one way atau kebijakan satu jalur.” terang Kapolda.

Kapolda menegaskan, apabila terjadi kepadatan yang cukup panjang akan dilakukan one way sehingga memudahkan masyarakat.

“Diimbau untuk para pemudik agar tetap berhati-hati, dan apabila pihak kepolisian menerapkan one way, pemudik harus dapat jaga jarak aman dengan kendaraan yang lainnya dan tetap dalam batas kecepatan yang sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” tegasnya.

Sebelumnya, Kemenhub memperkirakan puncak arus balik akan jatuh pada tanggal 19 dan 20 Juni.

(way)